Pakan Lolohan Burung Kutilang Agar Gemuk dan Cepat Besar

Pakan Lolohan Burung Kutilang – Halo sobat kicau mania dimanapun berada, bagaimana kabar hari ini? kami doakan selalu dalam keadaan sehat wal ‘afiat. Selalu jaga kesehatan, kenakan masker, dan selalu cuci tangan sehabis aktifitas.

pakan lolohan burung kutilang

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan cara meracik pakan dan bahan apa yang digunakan untuk meloloh burung kutilang agar cepat besar dan gemuk.

Burung kutilang atau tilang ini memiliki corak warna kombinasi antara hitam, putih dan kuning. Burung ini juga sangat pandai menirukan suara burung lain bahkan hewan lainnya.

Di alam liarnya kutilang suka sekali berkoloni dalam beberapa burung dalam mencari pakan. Tak tanggung-tanggung koloni burung ini mulai dari 4 sampai 20 ekor.

Pakan burung kutilang adalah serangga kecil seperti ulat, laba-laba, jangkrik, belalang, dan hewan kecil lainnya. Burung ini juga suka mengkonsumsi buah seperti pisang, pepaya, apel, buah kersen atau talok dll.

Baca Juga :  Settingan Tangkringan Yang Pas Burung Buat Lomba Agar Nagen

Habitat burung ini di persawahan, hutan, di pinggiran kampung, bahkan di kota pun juga banyak. Pada musim perkembangbiakkan burung ini akan mencari tempat tersenidir dengan pasangannya serta meninggalkan koloninya untuk membuat sarang.

Sarang burung tilang terbuat dari ranting-ranting kecil dan serabut kelapa dan dianyam halus di pohon yang dianggap nyaman dan jauh dari predator.

Dalam setahun burung kutilang dapat berkembang biak 2 kali dan itu tergantung musim. Jika dalam setahun tersebut banyak makanan maka bisa 2 kali sampai 3 kali. Namun, bisa juga dalam setahun 1 kali dalam berkembangbiak.

Setiap kali bertelur burung kutilang dapat menghasilkan telur 2 sampai 4 butir. Masa pengeraman kutilang hingga menetas membutuhkan waktu 14 hari sampai 18 hari atau 2 minggu sejak telur yang terakhir.

Setelah telur-telurnya menetas tilang akan memberikan pakan kepada anak-anaknya dengan serangga serangga kecil. Hal ini dilakukan agar pencernaan anakan burung tidak terganggu.

Baca Juga :  Solusi Burung Kenari Kurang Suka Makan Bijian

Jika si anakan burung tilang itu kita pelihara kita dapat memberikan pakan yang sama dengan induknya atau meracik sendiri agar mudah dan cepat besar.

Pakan apa yang dapat diberikan ke anakan kutilang tersebut agar gemuk dan cepat besar? jawabannya ada pada bawah ini:

1. Sehari sekali kita bisa berikan lolohan dengan buah. Buah yang dapat diberikan adalah pisang, pepaya dan diberikan sedikit demi sedikit.

2. Berikan jangkrik, yang diambil cuma perutnya saja berikan setiap saat jika anakan merasa lapar yang ditandai dengan mulut terbuka setiap ada pergerakan.

3. Voer yang dicampur dengan ulat kandang. Cara buatnya voer diberi air hangat dan masukkan ulat kandang agar mati kemudian aduk hingga merata baru berikan.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meloloh anakan kutilang agar cepat besar. Namun ada cara lain yang tidak memerlukan buah dan hewan kecil lainnya yakni sebagai berikut.

Baca Juga :  Download Suara Untuk Mancing Lovebird Agar Ngekek 100% Ampuh

Cara ini sudah kami lakukan dari dulu jika meloloh anakan kutilang cuma pakai satu bahan dan alhamdulilah burung tersebut sehat dan sampai besar.

Bahan yang digunakan cuma voer atau pelet untuk pakan lele. Ya, voer tersebut kita hancurkan dengan air panas agar cepat hancur kemudian kita campur dengan sempurna.

Walau tanpa pakan tambahan burung akan tetap lincah, sehat, dan cepat besar. Lolohnya dalam sehari bisa beberapa kali itupun tergantung umur burung. Jika sudah berumur 2 mingguan dapat diloloh 3 kali sehari saja.

Lebih lengkapnya anda bisa nonton video di bawah ini cara meloloh burung kutilang dengan pakan lolohan agar gemuk dan cepat besar.

Demikian cara meracik Pakan Lolohan Burung Kutilang Agar Gemuk dan Cepat Besar yang dapat kami bagikan. Semoga berguna dan bermanfaat buat kicau mania yang hobi dengan burung satu ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *