Cara Mencuci Sayur Kangkung Yang Benar Sebelum di Masak

Dimeja makan pasti ada makanan yang setiap hari kita makan. Ada nasi, lauk pauk, sayur, dan mungkin ada buah. Makan dengan sayur itu sudah menjadi kebiasaan kita. Jika tidak ada sayur kita kadang tidak jadi makan karena ada yang kurang. Namun ada juga orang yang tidak suka makan sayur.

Berbagai jenis sayuran banyak dijual dipasar-pasar tradisional. Ada juga sayuran yang dijual di pasar modern atau mall. Sayuran yang sering kita masak diantaranya bayam, kangkung, sawi, dan masih banyak lagi yang lain.

Baca Juga :  Cara Melunakkan Daging Kurban Sapi Kambing Dengan Cepat

Ada banyak resep sayuran yang beredar baik di internet maupun sosmed. Satu jenis sayur bisa menjadi beberapa olahan tergantung si kokinya mau dibuat apa. Namun sebelum memasak sayur-sayuran ada berbagai hal yang harus diperhatikan.

Pada kali ini saya akan membahas sayur kangkung saja. Bukan resep atau olahan yang akan saya bahas namun  Cara Mencuci Sayur Kangkung Yang Benar Sebelum di Masak. Banyak dari ibu-ibu yang masih salah dalam mencuci kangkung.

Kangkung dibagi menjadi dua jenis yakni kangkung darat dan kangkung air. Kangkung darat adalah kangkung yang ditanam di darat jadi tidak memerlukan banyak air. Sedangkan kangkung air adalah kangkung yang hidupnya di air.

Baca Juga :  Sambel Tumpang Masakan Khas Kota Sragen Yang Terbuat Dari Tempe Busuk

Sayur kangkung memiliki batang beruas-ruas berbagai kemungkinan ada hewan yang hidup didalam ruas tersebut. Maka dari itu sebelum dimasak harus di cuci. Kebanyakan ibu-ibu mencuci cuma di cuci saja dengan air bersih seperti itu saja belum cukup.

Cara Mencuci Sayur Kangkung Yang Benar Sebelum di Masak adalah sebagai berikut :

1. Sebelum dicuci kangkung dipotong-potong pendek.

2. Ruas kangkung dibelah jadi dua.

3. Pada saat bilasan pertama air diberi garam secukupnya

4. Kangkung direndam 10 menit pada air yang dicampur garam.

Baca Juga :  Cara Melunakkan Daging Kurban Sapi Kambing Dengan Cepat

5. Tiriskan

Manfaat dari air yang dicampur garam yakni agar hewan-hewan kecil yang menempel pada batang dan daun kangkung mati. Hewan jika terkena air garam atau garam itu akan mati.

Demikian cara mencuci kangkung yang benar semoga dapat bermanfaat bagi ibu-ibu yang akan memasak sayur kangkung. Dan terima kasih juga sudah berkunjung ke blog ini.

Sekian dan terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *