Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

CARA MENGATASI EGG BINDING PADA BURUNG LOVEBIRD

CARA MENGATASI EGG BINDING PADA BURUNG LOVEBIRD -- Burung Lovebird untuk saat ini masih menjadi primadona di Indonesia. Mengapa demikian karena burung Lovebird sangatlah mudah untuk diternak dan makanannya juga mudah untuk didapat. Namun dalam beternak burung Lovebird ada kendala yang harus diketahui salah satunya adalah EGG BINDING.

Egg binding

Apa itu EGG BINDING?

Egg BINDING adalah telur yang tidak bisa keluar dari dalam perut. Ini menurut bahasa saya sendiri atau diistilahkan dalam bahasa Jawa Endog raiso metu. Dalam kasus ini ada cara untuk mengatasi egg BINDING ini. Silahkan simak yang akan kami utarakan dalam blog ini.

Sebelum kita bahas cara mengatasi egg BINDING kita bahas dulu akibat dari egg BINDING jika terlambat dalam menanganinya.

Jika kita terlambat dalam mengatasi egg BINDING pada burung Lovebird lama kelamaan burung Lovebird akan mengalami kematian. Burung Lovebird yang mengalami egg BINDING itu badannya mengurus dan nafsu makan berkurang. Sehingga burung Lovebird akan lesu dan mengakibatkan kematian.

Egg BINDING itu diakibatkan kemungkinan pertama telur yang ada di dalam perut terlalu besar terus yang kedua kemungkinan telur itu terhambat oleh lemak atau gajeh ( menurut bahasa Jawa ). Ketiga kemungkinan burung Lovebird saat mau bertelur sakit.

Terus bagaimana cara mengatasinya ?

Cara mengatasi egg BINDING adalah sebagai berikut :

1. Ambil burung yang mengalami egg BINDING dan taruh di sangkar atau disendirikan
2. Semprot burung Lovebird sedikit saja atau jangan terlalu basah.
3. Panaskan burung Lovebird diterik matahari sambil di awasi.
4. Dalam 15 menit biasanya telur akan keluar dengan sendirinya.
5. Jika cara diatas tidak berhasil boleh kalian pegang burung tersebut kemudian pada dubur burung diberi minyak goreng sedikit sedikit agar telurnya licin

Itu saja yang bisa kami berikan cara mengatasi egg BINDING pada burung Lovebird menurut pengalaman pribadi saya sebagai penulis. Semoga bisa membantu sobat kicau mania semua dalam mencari solusi. Jika artikel ini bermanfaat boleh dishare dimana saja yang penting berikan imbal balik atau cantumkan sumbernya. Sekian dan terimakasih salam dari tukang ngresik i telek.










===========***===========


Semoga Bermanfaat

Jangan Lupa Share, Komentar, dan Berikan Kritik Sarannya

Sekian Terima Kasih

By: purwomp.com