Faktor-Faktor dan Cara Mengatasi Lovebird Gesek Tangkringan

Lovebird jika sudah menginjak usia dewasa akan mengalami yang namanya birahi. Baik jantan maupun betina pasti akan mengalaminya. Betina jika sudah birahi akan memiliki ciri yakni melebarkan sayapnya atau istilahnya ngleper. Sedangkan jantan memiliki ciri manggut-manggut atau istilahnya mengeluarkan makanan dari tembok ke paruh.

Namun jika sudah birahi jangan sampai telat dalam penjodohan itu kalau buat ternak. Lain lagi jika burung buat lomba jika sudah memiliki ciri seperti yang saya utarakan diatas cepat cepat bagaimana cara menyetabilkan birahinya. Maka burung Lovebird akan over birahi atau memiliki birahi yang tinggi.

Kasus dari birahi yang tinggi itu menyebabkan banyak hal diantaranya gesek tangkringan atau gestang. Ada juga yang loncat loncat tidak jelas. Sebenarnya gesek tangkringan itu bukan disebabkan dari over birahi saja. Faktor-faktor selain over birahi (OB) antara lain

Baca Juga :  Cepat Besar dan Gemuk Tanpa Sayuran Burung Love Bird Waktu Meloloh

1. Cacingan

Lovebird yang cacingan juga bisa gesek tangkringan.

2. Dubur kotor

Dubur yang kotor juga bisa menyebabkan gesek tangkringan. Itu disebabkan karena waktu mengeluarkan kotoran kadang nyangkut dibulu dubur tersebut.

Itulah faktor-faktor yang menyebabkan gesek tangkringan selain OB (over birahi). Ada beberapa cara mengatasi Lovebird gesek tangkringan menurut pengalaman teman teman kicau mania:

1. Cacingan

Kalau gesek tangkringan disebabkan karena cacing bisa disembuhkan dengan memberikan obat cacing baik pagi maupun sore hari. Setelah itu tangkringannya diganti dengan yang lebih lebar kalau bisa dari bambu.

Baca Juga :  Tips Ternak Burung Gelatik Batu Bagi Pemula

2. Dubur kotor

Jika disebabkan karena dubur yang kotor kita bisa bersihkan dubur burung Lovebird dengan cara burung dipegang kemudian bagian dubur disemprot pakai air. Jika cara tersebut belum berhasil bisa juga dubur burung Lovebird dibersihkan dengan air yang sudah dicampur deterjen.

3. Over Birahi

Jika penyebabnya burung Lovebird over birahi bisa burung tersebut segera dijodohkan dengan itu bisa mengurangi over birahi. Kalau masih belum berhasil jangan cuma diberi satu betina namun diberi beberapa betina dalam satu kandang.

Sebenarnya burung Lovebird yang gesek tangkringan itu bukan jantan saja, betinapun juga bisa gestang. Saya sendiri pernah punya betina juga gestang setelah saya jodohkan gestang tersebut berkurang namun jika masa kawin tiba burung Lovebird saya itu masih gestang juga.

Baca Juga :  Cara Menjinakkan Burung Lovebird

Burung betina saya yang gestang itu sampai sekarang masih saya pelihara. Dulu saya kira juga jantan banyak orang atau teman saya tidak percaya kalau betina. Setelah bertelur dan menetas barulah teman-teman saya percaya kalau betina.

Demikianlah Faktor-Faktor dan Cara Mengatasi Lovebird Gesek Tangkringan. Semoga bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung ke blog ini jika ada yang ditanyakan silahkan tinggalkan komentar dibawah.

Sekian terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *