Cara Merawat Burung Kacer Dari Bakalan Hingga Jadi Juara

Jangan pernah putus asa dalam merawat burung Kacer dari bakalan hingga menjadi juara. Memang sulit sih untuk mengenali karakter dari burung Kacer yang kita pelihara?

Bagi kicau mania, jenis burung Kacer mungkin tidak asing lagi bagi mereka. Burung Kacer merupakan salah satu jenis burung yang banyak di minati karena memiliki kicauan yang merdu dan memiliki postur tubuh yang gagah jika bertemu burung sejenis. Selain itu burung ini juga memiliki harga jutaan jika sudah juara. Bagi sobat kicau mania yang ingin memelihara burung Kacer agar dapat bisa juara berikut cara merawatnya :

KENALI KARAKTER BURUNG KACER

Sebelum sobat kicau mania memelihara burung Kacer alangkah baiknya mengenali dulu karakteristik dari burung Kacer tersebut. Agar dapat terjalin kemistri antara pemilik dengan burung Kacer yang dipeliharanya. Berikut beberapa karakter burung Kacer :

1. Mudah Beradaptasi

Burung Kacer sangat mudah beradaptasi dengan lingkungan yang baru sebab burung Kacer mudah sekali untuk di jinakkan. Burung ini juga sangat cepat berkicau walau di tempat yang baru.

Baca Juga :  CARA BEDAKAN ANAKAN KACER JANTAN DAN BETINA

2. Burung Petarung

Dapat di buktikan dengan di ketemukannya 2 burung Kacer yang saling nyerang dengan mengeluarkan suara dan di bukanya ekor sambil berdiri tegak ini membuktikan jika salah satu Kacer tidak ingin daerah yang ditempatinya ada burung Kacer lain.

3. Mudah Marah

Burung Kacer selain mudah jinak dan burung petarung burung ini juga mudah Marah jika bertemu burung sejenis.

4. Mudah Jinak

Burung Kacer ini, jenis burung yang mudah sekali dijinakkan. Dapat dibuktikan dengan cara memberi jangkrik jika lapar mau nyambar dari tangan kita.

5. Dapat Bagong

Bagong atau mbedesi adalah istilah yang di berikan burung Kacer jika mengalami hal – hal tertentu. Disebut Bagong atau mbedesi kondisi bulu burung mengembang mirip dengan salah satu karakter pewayangan punakawan yakni Bagong. Kondisi seperti ini banyak penyebabnya di antara lain sebagai berikut :

Baca Juga :  5 Burung Yang Booming Di Awal Tahun 2020

A. Birahi terlalu tinggi
B. Stress
C. Kalah mental jika bertemu burung Kacer lainnya.

Untuk mengatasi Bagong ada beberapa cara di antaranya sebagai berikut :

1. Bersihkan Sangkar Setiap Hari

Biasakan membersihkan sangkar burung peliharaan anda setiap hari agar burung merasa nyaman, sehat dan terhindar dari berbagai penyakit.

2. Mandikan Burung 

Memandikan burung itu sangatlah penting agar burung terhindar dari berbagai kutu yang menempel di bulu-bulunya. Selain itu mandi juga dapat membuat bulu-bulunya menjadi indah jika dilihat. Memandikan burung Kacer dapat dilakukan saat pagi dan sore tetapi secara teratur kalau bisa.

3. Letakkan burung di tempat yang sejuk dan segar

Setelah mandi burung dapat diangin-anginkan dibawah pohon yang rindang dan memiliki udara sejuk dan segar untuk memperbaiki psikologinya agar tidak mudah stress.

4. Berikan Makanan Bergizi Tinggi

Baca Juga :  CARA MENJODOHKAN KACER UNTUK PEMULA

Pakan yang memiliki gizi tinggi di antaranya Voer sebagai pakan utama. Sedangkan jangkrik, ulat, dan kroto sebagai makanan tambahan. Makanan yang mengandung gizi tinggi dapat menunjang kesehatan dan mental burung Kacer.

5. Jemur Burung

Penjemuran burung dapat dilakukan di pagi hari antara pukul 7 hingga 9 pagi. Pada waktu tersebut sinar matahari banyak mengandung vitamin D yang sangat baik untuk tubuh burung.

6. Kondisikan Kandang Di Kerodong

Setelah burung di jemur kemudian mandi dan di bersihkan kandang dan masukkan burung ke dalam rumah dalam keadaan sangkar dikerodong. Fungsi dari kerodong agar burung yang di dalam sangkar istirahat untuk memulihkan stamina yang hilang.

Demikian Cara Merawat Burung Kacer Dari Bakal Hingga Jadi Juara. Untuk mencapai keberhasilan semua itu butuh proses. Proses yang dapat di capai bukan sehari dua hari namun bisa juga sangat lama, jadi nikmatilah proses tersebut agar menjadi juara di setiap even.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *