Cara Ternak Burung Kenari Yang Sangat Mudah Bagi Para Pemula

Cara Ternak Burung Kenari Yang Sangat Mudah Bagi Para Pemula

Burung kenari merupakan burung yang berasal dari pulau Canary tepatnya di wilayah negara Spanyol. Burung yang memiliki kicauan sangat merdu ini jika di indonesia sangatlah di cintai oleh para kicau mania. Burung kenari di pelihara biasanya hanya sebagai burung master untuk burung murai batu. kacer, cocak hijau, dan beberapa burung lainnya.

Burung kenari memiliki tubuh yang kecil dan burung ini adalah burung pemakan biji-bijian. Burung ini juga memiliki umur yang lumayan panjang yakni dapat hidup 20 tahunan lamanya. Selain biji-bijian burung ini juga suka makan sayur-sayuran diantaranya sawi putih, sawi hijau, bayam, jagung muda, kangkung dan sayur lainnya.

Di artikel ini saya akan membagikan Cara Ternak Burung Kenari Yang Sangat Mudah Bagi Para Pemula. Disini akan saya ceritakan waktu saya ternak kenari langkah-langkahnya bagaimana.

Baca Juga :  Download Kicau Burung Kenari Gacor Secara Gratis

1. Persiapan Kandang

Kandang yang dapat digunakan untuk beternak burung kenari tidaklah besar – besar amat. Kita dapat menggunakan kandang dengan ukuran 40×40 atau yang lebih besar lagi yang penting jangan kandang untuk burung pleci terlalu sempit.

2. Proses Penjodohan dan Perkawinan

Pada penjodohan kita tidak usah bingung – bingung memikirannya sebab burung kenari jika sudah sama – sama birahi pasti cepat untuk jodoh. Cara mengetahui burung kenari memiliki birahi yang sangat tinggi dapat kita lihat waktu burung ini kita pertemukan. Yang jantan jika ketemu betina langsung mengeluarkan suaranya yang sangat merdu sambil berterbangan kesana kemari sedangkan betina jika mendengar suara kicauan si jantan langsung meresponnya dengan ngleper atau minta kawin. Jika sudah begitu kita dapat menyatukan mereka dalam satu sangkar. Biasanya jika sudah sama – sama over birahi tidak butuh waktu lama burung kenari sudah kawin. Setelah proses perkawinan yang pertama kita tunggu satu minggu burung kenari sudah bertelur.

Baca Juga :  Solusi Burung Kenari Kurang Suka Makan Bijian

3. Proses Pengeraman Telur

Burung kenari kalau bertelur biasanya paling banyak 6 butir telur. Sebelum si betina mengerami telurnya atau bertelur yang terakhir sebaiknya kita ambil jantannya dan jauhkan dari betinanya. Pada saat burung kenari betina sudah mulai menegrami telurnya jangan lupa untuk selalu memberikan pakan dan minumnya dalam sangkar. Jauhkan pula dari keramaian atau lalu lalang manusia agar burung kenari nyaman dalam mengerami telurnya. Burung kenari butuh waktu 14 – 15 hari dalam mengerami telurnya hingga siap menetas.

4. Pakan Saat Meloloh

Baca Juga :  Makanan Burung Kenari Agar Cepat Gacor

Burung kenari waktu meloloh anakannya membutuhkan asupan gizi yang sangat banyak. Kita dapat memberikan pakan di saat burung ini meloloh diantaranya Telur, buah, dan sayur. Pakan tambahan selain biji-bijian ini wajib kita ganti setiap hari. Jika tidak kita ganti setiap hari dapat menyebabkan timbulnya berbagai penyakit.

Anakan burung kenari dapat belajar terbang dan sampai bisa makan sendiri membutuhkan waktu cuma 2 mingguan atau lebih itu tergantung asupan pakan yang kita berikan. Setelah proses di atas sudah kita lakukan kita tunggu anakannya tumbuh besar dan menjadi penerus burung kenari yang baru.

Cukup sekian yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat bagi kita. amiin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *