Makanan Burung Pleci Agar Dapat Hidup Lama Saat di Dalam Sangkar

Makanan Burung Pleci Agar Dapat Hidup Lama Saat di Dalam Sangkar

Di alam liar beberapa spesies burung dapat bertahan dan dapat hidup berpuluh-puluh tahun lamanya. Itu semua karena tidak adanya campur tangan manusia. Jika burung sudah dipelihara manusia di dalam sangkar justru hidup burung itu akan lebih pendek umurnya khususnya burung ocehan sebab burung ocehan kalau sudah dipelihara manusia makanannya pun berubah. Namun sebaliknya untuk burung pemakan biji-bijian spesies ini dapat bertahan lebih lama sebab burung ini jika dipelihara manusia makanannya pun tidak ada yang berubah.

Pada kenyataannya burung ocehan yang dipelihara manusia makanannya berubah dari buatan pabrik yang kaya akan bahan kimia bahkan bahan pengawet. Makanan buatan pabrik yang diberikan burung ocehan tersebut disebut dengan istilah Voer. Voer itu banyak mengandung bahan pengawet, pewarna, dan bahkan bahan kimia lainnya. Jika Voer ini diberikan ke burung secara terus menerus akan memperpendek umur dari burung tersebut.

Baca Juga :  Download Aplikasi Kicau Kicau Burung Terlengkap

Jika burung ocehan yang kita pelihara agar memiliki umur yang panjang bahkan dapat hidup puluhan tahun kita bisa berikan makanan aslinya mirip di alam liarnya. Disini saya akan memberikan contoh ke burung kecil mungil yang disebut burung pleci.

Burung pleci burung yang memiliki tubuh kecil mungil yang panjangnya kira-kira 15 cm dihitung dari paruh sampai ujung ekor. Burung pleci memiliki endemik berbeda-beda tergantung daerahnya masing-masing. Walau kecil burung ini memiliki suara yang lantang dan keras. Burung pleci ini jika waktu pagi tiba ada salah satu burung yang bertengger paling atas sendiri dan bersuara amat merdu didengarnya. Burung yang bertengger paling atas sendiri itu biasanya disebut rajanya koloni pleci sebab burung pleci hidup secara berkoloni.

Burung pleci pada alam liar biasanya memakan serangga-serangga kecil, ulat, dan buah-buahan. Dialam liar burung pleci suka dengan buah pisang, pepaya, dan buah-buahan lainnya. Namun jika burung ini dipelihara manusia burung ini diberi makanan buatan pabrik bahkan minuman pun juga diberikan dari buatan pabrik yang seharusnya buat manusia justru diberikan ke burung pleci ini.

Baca Juga :  Cara Memandikan Pleci Cepat Gacor dan Ngalas

Burung pleci yang diberikan makanan Voer biasnya warna bulunya akan berubah menjadi abu-abu bahkan menjadi kusam. Perubahan warna pada bulunya disebabkan oleh efek kimia yang ada pada Voer tersebut. Namun jika warna bulunya tidak ingin berubah maka berikan makanan alami saja seperti dialam liarnya yakni buah dan serangga kecil.

Burung ini jika diberikan makanan alami burung pleci mampu hidup puluhan tahun. Entah mengapa hal tersebut dapat terjadi. Mungkin efek dari makanan alami yang tidak mengandung bahan kimia.

Jika ingin burung peliharaan anda dapat hidup lama maka berikan makanannya sesuai di alam liarnya. Jangan berikan makanan buatan pabrik yang banyak mengandung bahan kimia. Pemberian makanan buatan pabrik boleh boleh saja itu hanya sebagai pengganti saja jika makanan lainnya habis. Contoh saja burung pleci dapat diberikan Voer namun berikan juga buah dan serangga kecil atau ulat.

Baca Juga :  Cara Buat Burung Pleci Cepat Ngalas Ngerol Buka Paruh Serta Gacor

Demikian yang dapat saya jelaskan agar peliharaan kita dapat hidup lebih lama lagi semoga postingan ini dapat merubah cara kita dalam merawat burung kesayangan kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!