Cara Cepat Menjinakkan Burung Pleci

Di awal bulan Februari pada dunia perkicauan rame dengan burung pleci. Banyak kicau mania yang mencari burung tersebut untuk di jadikan peliharaan atau mengisi kandang untuk masteran atau sebagai burung gacoan untuk di lombakan.

Harga burung pleci di daerah saya ombyokan sudah mencapai harga 80 ribu rupiah. Jika burung pleci sudah mau ngeriwik beda lagi harganya yakni bisa mencapai 200 ribuan per ekor. Lain lagi jika burung pleci sudah mau Ngalas atau bahkan mengeluarkan tonjolan yang berupa isian harganya dapat melambung tinggi itu tergantung pemiliknya.

Dalam perawatan burung pleci dari ombyokan sampai menjadi gacor itu butuh proses yang tidak sebentar. Dalam perawatannya burung pleci butuh waktu yang lama namun terkadang ada juga yang baru merawat burung pleci sebentar sudah mau Ngalas. Hal itu tergantung kita pada waktu memilih dalam ombyokan. Jika kita memilih ombyokan yang tepat mungkin kita merawat sebentar sudah mau Ngalas.

Baca Juga :  Voer Yang Baik Untuk Burung Pleci

Pengalaman saya kemarin dalam memilih burung pleci ombyokan yang baru dua hari sudah mau Ngalas adalah waktu itu rencana saya dari rumah tidak ingin membeli burung pleci namun burung Kolibri ninja. Setelah saya dapat Kolibri ninja bagus, penjualnya saya suruh masukin burung Kolibri yang saya pilih tadi ke dalam sak. Namun sebelum di masukin ke sak ternyata hujan sangat lebat sekali dan sangat lama kurang lebih 2 jam-an. Sambil nunggu hujan reda saya iseng mantau pleci sebab burung pleci jika mendengar hujan sangat suka kemudian ada salah satu burung yang ngeriwik kasar.

Setelah beberapa saat saya lihatin terus burung tersebut tetap ngeriwik tidak menghiraukan keadaan disekitarnya. Hal tersebut memicu saya untuk memindahkan ke kandang sendiri. Setelah memisahkan satu burung kemudian saya pantau lagi ombyokan tersebut tidak menunggu lama ada lagi satu burung yang ngeriwik kasar bahkan mau buka paruh, saya ambilah dan saya pisahkan dengan yang lainnya. Dan yang terakhir saya pilih ini dalam kandang sendiri mau ngeriwik terus dan saya beli burung pleci tersebut dan tidak jadi beli burung Kolibri ninja.

Baca Juga :  Cara Merawat Burung Pleci Saat Musim Hujan

Itulah pengalaman saya waktu ngombyok burung pleci jika ingin cepat Ngalas pilih yang sudah mau ngeriwik. Hal itu dapat dengan cepat burung pleci untuk buka paruh bahkan gacor. Untuk dapat gacor juga harus di barengi dengan rawatan yang konsisten. Burung pleci jika ingin cepat gacor harus tidak takut dengan manusia di sekitarnya.

Bagaimana cara burung pleci yang dari ombyokan tidak takut dengan manusia di sekitarnya?? Simak cara yang akan saya ulas di bawah.

Burung pleci yang kita beli dari ombyokan otomatis akan takut dengan keberadaan manusia di sekitarnya. Hal tersebut karena di alam liarnya burung tersebut hidup jauh dari manusia. Maka dari itu agar dapat jinak butuh adaptasi yang lama.

Baca Juga :  Bahaya Ulat Hongkong Bagi Burung Pleci

Ada beberapa cara agar burung pleci tidak takut terhadap manusia bahkan dapat jinak.

1. Taruh burung pleci di bawah dan tempatkan burung dengan jalan yang sering dilalui manusia.

2. Semprot burung pleci tiap pagi dan sore hari dengan basah kuyup. Pagi hari setelah di embunkan sekitar jam 7 dan sore hari menjelang Maghrib.

3. Terapi lapar.
Pada waktu nerapi lapar pada burung pleci harus dengan pengawasan agar tidak terjadi hal yang di inginkan (mati).

Ketiga cara di atas coba kalian terapkan kepada burung pleci peliharaan anda jika tidak berhasil coba cari cara lainnya. Sebab cara diatas sudah saya coba ke beberapa burung peliharaan saya sendiri dan berhasil namun belum sampai jinak dapat di pegang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *