Cara Mudah Membuat Burung Pleci Cepat Ngeriwik Atau Ngalas Bahkan Buka Paruh

Cara Mudah Membuat Burung Pleci Cepat Ngeriwik Atau Ngalas Bahkan Buka Paruh

Burung kecil yang memiliki banyak spesies ini saat ini menjadi primadona para kicau mania. Di luar negeri burung kecil mungil ini bahkan dihargai jutaan bahkan hingga ratusan juta. Burung pleci menjadi primadona sebab memiliki suara yang melengking keras bahkan dapat mengeluarkan isian sekeras burung yang lebih besar dari tubuhnya.

Dalam pemeliharaan burung pleci untuk menjadi gacor dan dapat mengeluarkan kicaunya atau isiannya itu harus melewati step by step. Tidak mungkin kan kita pelihara burung kecil ini dari ombyokan langsung Ngalas bahkan buka paruh. Hal tersebut juga bisa terjadi namun seribu satu. Pada kenyataannya kita beli burung dari ombyokan kan tidak langsung jinak atau mungkin cuma jinak lalat pasti burung tersebut grabagan atau takut jika kita dekati bisa-bisa sampai nabrak kandang. Itulah salah satu yang saya utarakan diatas tadi dalam pemeliharaan itu ada step by step nya.

Ada banyak teman kicau mania yang sampai frustasi dalam memelihara burung pleci ini sudah lama dirawat belum bunyi sama sekali. Hal tersebut terkadang salah dalam pemeliharaan atau bahkan salah dalam memilih bahan pada ombyokan. Hal pertama yang harus kita lakukan dalam memilih burung pleci pada ombyokan adalah pilih yang jantan. Sebab burung pleci jantan pasti akan bunyi atau berkicau dalam waktu dekat.

Baca Juga :  Tips Merawat Burung Pleci Saat Kita Tinggal Mudik

Step by step yang saya maksud pada pemeliharaan burung pleci yakni tahap pertama itu adalah burung pleci akan ngeriwik dahulu sebelum Ngalas. Setelah burung sudah mulai ngeriwik burung pleci akan mulai belajar untuk Ngalas. Dan tahap yang terakhir yakni burung pleci akan buka paruh alias akan mengeluarkan isian dengan suara yang keras bahkan lantang.

Dalam perawatan agar burung pleci cepat buka paruh kita harus merawatnya sepenuh hati. Langkah-langkah agar burung pleci cepat buka paruh itu seperti yang akan saya bahas pada tulisan dibawah ini:

1. Jinakkan terlebih dahulu

Yang saya maksud di jinakkan bukan berarti jinak banget yang dapat kita buat mainnan. Namun dibuat agar tidak takut kepada manusia disekitarnya. Maksudnya jika ada orang lewat atau mendekati burung pleci tidak takut atau gerabagan kesana kemari atau bahkan nabrak kandang. Disini bisa di istilahkan dengan jinak lalat.

Baca Juga :  Download Aplikasi Kicau Kicau Burung Terlengkap

Cara menjinakkan burung pleci itu ada berbagai cara yang dapat dilakukan yaitu sebagai berikut :

A. Taruh burung pleci dibawah dekat jalan yang banyak dilalui orang
B. Semprot dengan air setiap pagi dan sore sampai basah kuyup.
C. Pakan dibuat telat agar burung pleci mengalami lapar

2. Pemberian Pakan

Berikan pakan burung pleci setiap hari dengan protein yang tinggi. Dengan protein yang tinggi akan merangsang burung pleci untuk cepat buka paruh.

Pakan yang dapat merangsang burung pleci agar cepat buka paruh yaitu sebagai berikut :

A. Voer lele yang ukuran kecil
B. Buah-buahan yang paling cepat buat cepat buka paruh itu buah tomat
C. Ulat kandang atau ulat balap
D. Ulat Hongkong
E. Jangkrik

3. Kebersihan kandang

Kandang burung pleci harus kita bersihkan setiap hari agar burung pleci nyaman di dalam sangkar. Sebab kandang yang bersih akan membuat burung pleci terjaga kesehatannya. Jika burung sehat pasti akan berkicau namun jika sebaliknya burung tidak akan mungkin untuk berkicau.

4. Masteri burung

Agar burung pleci cepat buka paruh salah satu hal yang perlu kita perhatikan adalah dengan memasteri burung pleci. Waktu dalam memasteri burung yang direkomendasikan yakni pagi hari setelah burung pleci di embunkan dan sore hari. Jangan pernah memasteri burung pada malam hari sebab burung juga butuh istirahat tidur.

Baca Juga :  Daftar Harga Burung Pleci Terbaru 2019

5. Lakukan dengan rutin

Dalam melakukan step 1 hingga 4 lakukan setiap hari dalam waktu yang tidak lama burung pleci kesayangan anda pasti akan buka paruh untuk mengeluarkan isiannya. Jika sudah begitu kita yang merawatnya setiap hari akan terbayarkan dengan suara kicauannya yang merdu.

Demikianlah yang dapat saya sampaikan Cara Mudah Membuat Burung Pleci Cepat Ngeriwik Atau Ngalas Bahkan Buka Paruh. Semoga dapat memberikan manfaat bagi para pleci mania semuanya. Dan terima kasih sudah berkunjung pada blog ini jangan lupa untuk selalu memantau blog ini untuk informasi selanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!