Langkah-langkah Beternak Kelinci Bagi Pemula

Langkah-langkah Beternak Kelinci Bagi Pemula

Kelinci sistem koloni

Kelinci merupakan hewan imut yang banyak disukai banyak orang. Hewan ini banyak yang menyukai karena bulunya yang cantik dan sangat jinak. Bagi sebagian orang memelihara kelinci sebagai hewan peliharaan saja selain kucing dan anjing.

Kelinci bukan saja sebagai hewan peliharaan namun banyak juga yang beternak sebagai mata pencaharian. Dalam beternak kelinci itu di bagi menjadi 2 bagian yakni sebagai berikut :

1. Ternak kelinci hias

Pada nomor satu ini para peternak cuma beternak kelinci hias saja maksudnya mereka beternak hanya memenuhi kepada orang yang hobi dengan di pandang pada bulunya saja. Sebab kelinci hias sangatlah cantik jika dipandang mata.

Kelinci hias

2. Ternak kelinci pedaging

Artinya pada peternakan ini hanya tertuju pada dagingnya saja. Mereka cuma menernak kelinci yang banyak dagingnya atau kelinci dengan ras besar. Seperti jenis kelinci Flemish Giant, NZ, Rex dll. Jenis jenis kelinci tersebut tergolong kelinci besar dan banyak dagingnya.

Kelinci pedaging

Kedua bagian diatas itu adalah sebagai referensi saja dikala kita akan memulai beternak kelinci. Kita dapat menentukan salah satu atau dua duanya di ternak. Namun disaat ini yang paling dicari adalah kelinci pedaging. Sebab di sebagian daerah untuk memenuhi daging kelinci sangatlah kurang maka dari itu banyak para peternak kelinci mengambil jenis pedaging. Harga dari kelinci pedaging pun relatif stabil bahkan selalu naik di banding kelinci hias yang peminatnya berkurang.

Baca Juga :  Kendala Dalam Beternak Kelinci Yang Harus Kita Perhatikan Sebelum Memulainya

Setelah kita menentukan ternak yang mana yang diambil kita dapat menentukan langkah selanjutnya. Bagi pemula banyak yang masih bingung apa saja yang harus dipersiapkan dalam beternak kelinci. Disini jangan khawatir saya akan membagikan Langkah-langkah Beternak Kelinci Bagi Pemula. Apa saja langkah-langkah nya silahkan simak penuturan saya di bawah ini :

1. Kandang

Pada poin pertama yang harus dipersiapkan adalah kandang. Kandang merupakan hal penting dalam beternak kelinci. Kandang bisa anda buat dari kayu, bambu atau beli yang sudah jadi juga ada banyak dipasaran yang terbuat dari besi. Ukuran kandang yang ideal adalah L: 50, P: 60, T:45. Kalian juga bisa menentukan ukuran sendiri yang dapat disesuaikan dengan Medan atau lahan anda.

Kandang kelinci

Yang harus diperhatikan dalam penempatan kandang adalah sebagai berikut :
A. Jauhkan dari tempat tinggal kita atau terpisah dari tempat tidur kita
B. Harus ada sirkulasi udara yang baik
C. Terkena sinar matahari pagi

Baca Juga :  Cara Memilih Bibit Kelinci Yang Baik Dan Unggul Untuk Di Budidaya

Kandang juga harus diperhatikan kebersihannya sebab jika tidak bersih kelinci yang kita ternak atau pelihara akan terkena berbagai penyakit. Biasakan membersihkan kandang kelinci setiap hari.

2. Indukan Kelinci

Pilihlah indukan kelinci yang bagus. Jika kita ternak kelinci hias maka pilih kelinci hias yang paling banyak disukai orang. Sedangkan jika kita ternak untuk diambil dagingnya pilihlah indukan yang besar dan anakannya banyak.

Hal-hal yang harus diperhatikan dalam memilih indukan kelinci adalah sebagai berikut :

A. Sehat
B. Memiliki mata yang cerah
C. Tingkah laku yang agresif dan lincah

Dalam memilih indukan jangan asal membeli kita beli harus tau keturunannya atau indukannya seperti apa. Jika begitu kita bisa beli di peternak besar sehingga kita tau asal muasal kelinci tersebut.

3. Pakan

Keberhasilan dalam beternak kelinci ditentukan dari pakannya. Jika kita menggunakan pakan dari alam contohnya daun-daunan atau rumput kita harus perhatikan dalam pemberiannya. Sebab banyak kasus kelinci yang diberikan pakan hijauan banyak yang mati karena kurang pengetahuan kita dalam memberikan pakan hijauan. Sebelum pakan hijauan kita berikan ke kelinci terlebih dahulu harus di layukan.

Baca Juga :  Cara Membuat Kandang Kelinci Dari Kayu Murah Dan Sederhana

Jika hijauan segar langsung kita berikan nantinya jika kelinci kita tidak terbiasa akan mengalami banyak kendala yakni diantaranya kembung, mencret dll. Untuk menghindari hal tersebut lebih baik kita layukan dulu hijaun tadi.

Kita juga bisa memberikan pakan jadi yakni pakan pelet. Namun jika kita memberikan pakan pelet yang harus kita perhatikan hasilnya, bagus tidaknya.

4. Kesehatan

Diawal awal kita akan memulai beternak kelinci juga harus memperhatikan kesehatan kelinci atau penyakit yang sering dialami kelinci dan cara penanganannya.

Jika pada peternakan kita ada kelinci yang kembung kita tidak usah bingung, obat apa yang harus kita berikan?.

Dalam penanganan kembung pada kelinci kita dapat memberikan daun pisang untuk mengatasi kembung pada kelinci. Sedangkan mencret pada kelinci kita dapat memberikan daun jambu muda.

Demikianlah yang dapat saya sampaikan agar dapat bermanfaat bagi para peternak kelinci pemula atau yang ingin memulai beternak kelinci. Ini saya dapatkan dari bertanya ke peternak kelinci besar yang ada di kita saya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *