Syarat Mencari Surat Nikah Rusak Di Kantor Urusan Agama (KUA)

 Syarat Mencari Surat Nikah Rusak Di Kantor Urusan Agama (KUA)


Nikah merupakan keinginan setiap orang untuk mendapatkan keturunan yang sah. Pernikahan yang sah itu harus diketahui oleh agama maupun negara. Banyak orang yang menginginkan suatu pernikahan yang mewah. Namun, tak jarang ada pula yang menikah tidak ingin diketahui banyak orang.

Jika kita menikah dengan sah menurut agama dan negara nantinya kita akan mendapatkan sebuah buku yakni buku nikah. Buku nikah sendiri dimiliki oleh istri maupun suami yang masing-masing memiliki satu buku nikah.

Buku nikah yang kita miliki semenjak menikah harus kita rawat dan kita jaga agar tidak hilang maupun rusak. Hal ini dikarenakan jika buku nikah hilang atau rusak kita segera untuk mencari pengganti buku nikah tersebut di Kantor Urusan Agama (KUA).

Baca Juga :  Contoh Surat Keterangan Pengambilan BSM Atau PIP Sekolah Dasar ( SD )

Ini kemarin saya alami sendiri yang harus mencari pengganti buku nikah di kota asal ibu mertua saya. Sebelumnya saya itu cuma mau mencari legalisir buku nikah ibu mertua saya sebagai syarat ngurus pensiun bapak mertua saya yang baru saja meninggal. Sesampainya di KUA kota asal ibu saya itu ternyata surat nikahnya itu rusak itupun saya disuruh cari buku nikah yang satunya dan ternyata buku nikah satunya hilang.

Hal ini kemudian saya balik lagi ke KUA tersebut untuk menanyakan syarat apa saja yang harus saya siapkan untuk mencari pengganti surat nikah yang hilang. Mungkin sebagian orang pernah mengalami atau sedang mengalami dan masih bingung syaratnya apa saja yang harus dipersiapkan. Jangan khawatir akan saya berikan syarat-syarat kemarin waktu saya mencari di KUA.

Baca Juga :  Contoh Daftar Riwayat Hidup Untuk Melamar Pekerjaan

Apa saja syaratnya jika buku nikah rusak :

1. Surat keterangan dari kelurahan dan di tandatangani oleh lurah kemudian camat daerah yang ditempati.
2. Buku Nikah yang rusak di bawa
3. Materai Rp. 6000
4. Surat kuasa jika yang bersangkutan tidak dapat hadir di KUA
5. Foto Copy KTP yang bersangkutan di buku nikah dan foto copy KTP yang di beri kuasa

Cuma kelima syarat di atas yang harus saya berikan ke KUA dalam mengurus surat nikah ibuku yang rusak. Mungkin tiap-tiap KUA lain-lain syaratnya yang di atas agar dapat menjadi acuan kalian dalam mencari pengganti surat nikah yang rusak.

Baca Juga :  Contoh Daftar Riwayat Hidup Untuk Melamar Pekerjaan

Setelah selesai nantinya kita akan mendapatkan pengganti surat nikah hanya selembar kertas saja bukan buku nikah lagi. Maka dari itu pesan saya jaga surat nikah kita agar tidak rusak atau hilang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *