Cara Menjinakkan Burung Pleci Lombok Dengan Cepat

Cara Menjinakkan Burung Pleci Lombok Dengan Cepat

pleci lombok

Dinegara kita ini yakni Indonesia memiliki beragam spesies burung, namun burung-burung tersebut tidak semua tersebar di semua pulau di Indonesia. Ada beberapa jenis burung yang hanya mendiami daerah atau pulau saja.

Salah jenis burung yang mendiami salah satu pulau yakni burung Pleci Kacial Lombok atau lebih sering disebut dengan sebutan Dakun Lombok atau dakun Bali. Burung pleci lombok akhir-akhir ini banyak digemari oleh pecintan burung di Indonesia dikarenakan burung ini memiliki kicauan yang sangat merdu.

Burung pleci lombik ini merupakan salah satu jenis spesies  maupun ras dari burung kacamata perut kuning / lemmon-bellied white eye (Zosterops chloris).

Kalau dilihat dari namanya burung pleci lombok ini sudah pasti persebarannya hanya di Pulau Lombok atau Nusa Tenggara Barat. Akan tetapi burung ini juga ada di Pulau Bali atau biasa disebut orang-orang dengan sebutan burun Pleci Dada Kuning Bali. Memang burung ini satu jenis atau satu spesies yang mendiami di dua pulau di timur Indonesia ini sebab kedua pulau itu berdekatan dan sangat dekat sehingga burung ini dalam mencari makan bisa saja menyeberang laut ke barat atau ke pulau Bali.

Baca Juga :  Makanan Yang Tidak Boleh Di Berikan Ke burung Pleci

Salah satu yang menjadi ciri khas dari burung kacamata dari lombok ini adalah memiliki tubuh yang agak besar dibandingkan dengan burung pleci dari daerah lain. Serta burung pleci Lombok memiliki suara panggilan atau suara call yang lebih keras mirip dengan suara anak ayam.
Nah, itulah dimana persebaran dan ciri khas dari burung kacial lombok yang dapat kita pelajari, selanjutnya seperti pada judul artikel ini adalah Cara Menjinakkan Burung Pleci Lombok Dengan Cepat.

Pada umumnya pertama kali kita membeli burung Pleci Kacial Lombok ini dari ombyokan masih terlihat giras, apalagi kalau kita dekati pasti mau kabur kesana kemari. Hal ini naluri dari pleci sendiri masih seperti dialam liar dan tidak mau didekati oleh manusia. Namun sifat giras dari pleci dapat kita atasi dari beberapa cara berikut dibawah ini :

Baca Juga :  Tips Merawat Burung Pleci Saat Kita Tinggal Mudik

Pemberian Pakan

Sebaiknya dalam pemebrian pakan dibatasi porsinya atau dengan terapi lapar agar burung cepat jinak. Namun harus tetap dipantau dalam merapkan terapi lapar ini sebab kalau berkelanjutan dapat menimbulkan kematian pada burung Pleci. Jika dengan terapi lapar belum sukses menjinakkan burung Pleci atau burung tidak takut lagi dengan kita maka kita lanjutkan cara yang kedua

Pengembunan Dan Mandi

Pada saat pengembunan pagi hari sebaiknya cepuk pakan dan minum diambil dan setelah pengembunan sampai jam 7 pagi dilanjutkan dengan pemandian. Waktu memandikan burung Pleci Kacial Lombok ini hingga basah kuyup. Pada waktu bulu burung pleci masih keadaan basah kuyup kita buat mainan atau dielus kepalanya nanti lama kelamaan burung akan merasa tenang jika kita dekati.

Baca Juga :  Manfaat dan Efek Negatif Es Batu Atau Air Dingin Bagi Burung Pleci

Setelah bulu burung pleci hampir kering berikan pakan yang berupa ulat hongkong yang berwarna putih atau ulat yang baru berganti kulit. Berikan dengan tangan langsung, jika tetap tidak mau nyaut maka berikan ulat dengan lidi panjang. Hal ini lakukan berulang-ulang hingga burung Pleci Kacial Lombok anda mau menyambar ulat yang kita berikan dari tangan kita langsung.
Hal tersebut jika berhasil sudah dapat dikatakan kalau burung pleci yang kita pelihara sudah tidak takut lagi dengan kita.

Demikianlah yang dapat saya sampaikan dan semoga bermanfaat bagi para penghobi burung pleci senusantara.

Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *