Alternatif Pakan Kelinci Tanpa Ngarit dan Pelet

Alternatif Pakan Kelinci Tanpa Ngarit dan Pelet — Halo sobat purwomp.xyz dimanapun berada dan bagaimana punya kabar hari ini? Semoga kabar sobat semua baik baik selalu. Untuk kali ini saya akan membahas tentang hewan imut dan lucu yakni Kelinci.

Pasti sobat semua tahukan yang namanya hewan kelinci? pasti tahulah hewan ini memang peliharaan yang sangat disukai selain kucing. Kelinci memiliki bulu yang sangat lembut dan memiliki beraneka ragam warna bulunya. Akan tetapi yang akan saya bahas kali ini bukan tentang bulu-bulu dan warna kelinci, namun yang akan saya bahas yakni Alternatif Pakan Kelinci Tanpa Ngarit dan Pelet.

Kok bisa sih kelinci tidak diberi rumput ataupun pelet? rumput kan makanan utama hewan kelinci. Untuk jawaban saya dari pertanyaan itu adalah bisa, sebab rumput dapat digantikan dengan bahan-bahan selain rumput.

Baca Juga :  Macam Jenis Kelinci Yang Ada Di Indonesia

Mana ada anak jaman sekarang disuruh ngarit pasti gengsilah. Maka dari itu saya memberikan alternatif pakan kelinci tanpa ngarit dan tanpa pelet. Banyak peternak kelinci yang tanpa ngarit akan tetapi pakan yang diberikan adalah pelet atau pelet untuk pakan kelinci.

Okelah, jika peternak kelinci besar pasti pakannya full pelet itupun saya mengerti karena jika peternak besar ngarit butuh berapa banyak rumput jika itu dilogika. Kalau peternak seperti kita yang baru memulai usaha peternakan kelinci dengan modal pas-pasan pastilah untuk membeli pelet saja akan kesulitan.

Baru memulai usaha peternakan kelinci, pertama punya kelinci cuma berapa ekor saja jika itu kita beri pelet, saya yakin itu akan membuat kita rugi. Dengan pakan alternatif yang saya berikan ini kalau dihitung-hitung sangatlah murah untuk membeli bahan-bahannnya.

Baca Juga :  Langkah-langkah Beternak Kelinci Bagi Pemula

Apalagi bahan-bahan ini mudah sekali dicari disekeliling kita. Jika bahan yang akan saya berikan ini tidak ada disekeliling anda boleh kok diganti bahan lainnya yang penting ada disekitar anda.

Alternatif Pakan Kelinci Tanpa Ngarit dan Pelet

Simak bahan-bahan berikut ini sebagai pakan alternatif kelinci tanpa ngarit dan pelet :

1. Bekatul atau dedak hasil limbah penggilingan padi. Jika ini tidak ada boleh diganti dengan dedak gandum yang biasanya buat pakan sapi.
2. Kosentrat ayam pedaging.
3. Molases atau tetes tebu
4. Ampas tahu bisa juga dengan ampas ubi kayu
5. EM 4 dapat dibeli ke penjual pakan kebutuhan ternak.

Kelima pakan alternatif diatas itu tidak semua diberikan jika sulit dicari ya tidak usah diberikan. Kalau dalam peternakan kelinci saya cuma saya berikan pakan Dedak gandum dan nasi sisa jika tidak ada nasi saya ganti dengan daun pepaya ataupun kangkung.

Baca Juga :  Cara Menentukan Jenis Kelamin Kelinci Jantan dan Betina

Cara pemberiannya atau takaran campurnya adalah Bekatul, kosentrat dan ampas tahu dikira-kira saja yang penting cukup untuk pakan semua ternak kelinci kita. Untuk molases dan EM 4 itu satu tutp botolnya saja.

Pakan alternatif ini untuk pertama kali pemberian biasanya tidak akan habis. Sebab, kelinci butuh proses disaat pergatian pakan. Akan tetapi jika sudah berjalan berbulan-bulan diberikan berapapun pasti akan habis dan menjadikan kelinci menjadi gemuk-gemuk.

Demikian informasi yang dapat saya berikan tentang Alternatif Pakan Kelinci Tanpa Ngarit dan Pelet. Semoga bermanfaat dan berguna bagi peternak-peternak kelinci di seluruh Indonesia. Semoga juga para peternak kelinci sukses dan kelincinya sehat-sehat semua.

Sekian dan terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *