Cara Bedakan Burung Emprit Kaji Jantan Dan Betina

Cara Bedakan Burung Emprit Kaji — Halo sobat kicau mania dimanapun berada? bagaimana puny kabar hari ini? pasti baik-baik saja ya sobat. Untuk kali ini saya akan membahas tentang burung Emprit Kaji yang lagitrend saat ini dikalangan kicau mania.

emprit kaji

Burung Emprit Kaji masuk kedalam jenis burung Finch yakni burung pemakan biji-bijian. Burung ini banyak hidup di tanah jawa akan tetapi untuk saat ini sudah hampir punah. Burung Emprit Kaji ini sudah hampir punah dikarenakan perburuan yang besar-besaran oleh tukang jaring burung.

Burung Empret kaji  ini diburu untuk diambil kicauannya karena burung ini cukup pandai dalam menirukan suara burung lain. Jika burung ini dipelihara dari anakan dan dimaster kicauan burung Kenari maka burung haji ini dapat menirukan suara kicauan burung Kenari.

Untuk harga Emprit kaji ini sudah mulai cukup mahal dibanding dengan tahun-tahun yang lalu. Sekarang ini harga burung Emprit Haji yang dewasa saja mulai dari 5000 – 10.000 rupiah. Sedangkan yang masih loloh atau anakan harganya mulai dari 20.000 sampai 30.000 rupiah. Cukup mahal juga kan harga sekelas burung Emprit lokal saja.

Baca Juga :  Extra Fooding Sayuran Yang Bagus Untuk Burung Emprit

Burung Emprit haji yang dapat menirukan suara kicauan burung lain adalah burung yag berjenis kelamin jantan. Yang betina kurang cukup pandai dalam menirukan suara burung lain. Maka dari itu dalam membeli burung Emprit kaji yang masih anakan maupun ombyokan beli yang jantan saja kalau untuk klangenan saja.

Bagaiman cara membedakan jenis kelamin burung Emprt? Sebenarnya cukup mudah dalam membedakannya kita hanya butuh kejelian saja waktu mau beli burung tersebut. Intinya jangan terlalu buru-buru untuk mendapakannya. Sebelum membeli burung Emprit pelajari dahulu perbedaan jenis kelaminnya yang akan saya ulas dibawah ini.

Cara Bedakan Burung Emprit Kaji Jantan Dan Betina

A. Burung Emprit Kaji Jantan

1. Memiliki postur tubuh yang besar

Burung pipit jenis bondol kaji jantan ini memiliki postur tubuh yang besar dibanding dengan yang betina. Seperti burung – burung yang lain juga sang jantan bertubuh besar ini dikarenakan susunan tubuh jantan berbeda dengan yang betina.

Baca Juga :  Cara Membedakan Burung Emprit Jepang Jantan dan Betina Dengan Mudah

2. Warna bulu pada tubuhnya gelap

Burung Emprit atau bondol haji ini baik jantan maupun betina memiliki warna bulu pada tubuhnya sama. Namun yang membedakan adalah tingkat kegelapannya. Burung bondol haji memiliki warna bulu pada tubuhnya cenderung sangat gelap.

3. Bulu putih pada kepalanya berwarna putih tegas

Burung bondol haji baik jantan maupun betina memang memiliki warna putih pada kepalanya. Namun burung Emprit kaji jantan memiliki warna putih pada kepalanya yang sangat terlihat putih.

4. Berdiri tegak

Burung bondol haji jika berdiri diatas tangkringan tegak dan twgap seperti membusungkan dadanya dibanding dengan yang betina.

B. Burung Emprit Kaji Betina

1. Memiliki postur tubuh yang relatif kecil

Burung emprit bondol haji betina memiliki postur tubuh yang kecil dibanding dengan yang jantan. Ini juga seperti jenis-jenis burung lain yang juga memiliki postur tubuh kecil yang berjenis kelamin betina. Coba bandingkan saja dalam satu sangkar pasti berbedaan itu akan terlihat jelas jika dilihat dari postur tubuhnya.

Baca Juga :  Cara Ternak Burung Emprit Kaji Lengkap Untuk Pemula

2. Warna bulu pada tubuhnya kusam atau pudar

Burung emprit kaji jantan da betina memiliki warna yang sama pada tubuhnya. Namun jika kita lihat dengan seksama warna pada tubuh burung emprit kaji betina cenderung kusam ataupun pudar. Terlihat hitam yang tidak tegas

3. Bulu putih pada kepalanya berwarna putih kusam

Burung pipit bondol haji yang jantan maupun yang betina memang memiliki warna putih pada kepalanya. Namun burung emprit haji betina memiliki warna putih pada kepalanya cenderung kusam atau terlihat kotor.

4. Berdiri membungkuk

Ciri terakhir pada burung emprit bondol haji adalah burung emprit kaji betina jika berdiri membungkukuk jika dibandingkan dengan yang jantan jika berdiri tegak atau tegap.

Demikianlah informasi tentang Cara Bedakan Burung Emprit Kaji Jantan Dan Betina yang dapat saya sampaikan. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kicau mania semua yang ingin pelihara burung Emprit haji ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *