Cara Mengatasi Burung Cendet Sering Salto

Burung Cendet — Burung cendet merupakan burung yang pandai menirukan suara kicauan burung lain bahkan suara hewan lain. Burung ini cukup populer dikalangan kicau mania semuanya bahkan untuk dilombakan. Namun dibalik kepandaiannya burung cendet ini pasti ada kekurangannya yang cukup membuat fustasi para kicau mania.

Masalah yang sering dialami para penghobi burung cendet yakni burung suka salto saat disangkar. Burung salto itu dapat diatasi dengan berbagai cara agar burung tersebut tidak lagi melakuka kebiasaannya itu. Memang cukup sulit dan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menghilangkan kebiasaan salto pada burung cendet.

Banyak faktor yang menyebabkan burung cendet melakukan kebiaaan salto dalam sangkar. Faktor-faktor yang mempengaruhinya antara lain sebagai berikut :

1. Over birahi
2. Pola rawatan yang tidak konsisten
3. Pakan yang terlalu banyak mengandung protein tinggi
4. Stres

Baca Juga :  Cara Bedakan Burung Cendet Anakan Jantan dan Betina

Untuk penyebab diatas hanya pemilik atau yang memlihara yang tahu mulai dari rawatan hingga over birahi. Apakah pakan yang kita berikan sudah sesuai dengan kebutuhannya belum? Jika berlebihan maka akan menjadikan burung terlalu agresif sehingga dapat mempengaruhi burung untuk melakukan salto.

Maka dari itu saya akan memberikan Cara Mengatasi Burung Cendet Sering Salto agar burung toet peliharaan kita tidak melakukan kebiasaaanya tersebut. Simak baik-baik dan baca dengan teliti caranya berikut ini :

1. Mandikan burung cendet pada malam hari antara pukul 7 sampai 10 malam dengan rutin.
2. Pada bagian atas sangkar berikan penghalang berupa karet atau benda yang yang lunak agar cendet tidak terluka
3. Pasang tangkringan menyilang atau berbentuk +
4. Burung ditaruh dalam sangkar yang besar seperti kandang umbaran agar leluansa dalam bergerak
5. Pakan yang mengandung banyak protein dikurangi
6. Extra fooding berupa jangkrik atau apa juga dikurangi
7. Caba berikan pakan extra fooding yang almi contohnya belalng, orong-orong dll
8. Pola rawatan yang konsisten

Baca Juga :  Racikan Pakan Lolohan Cendet Agar Gemuk, Sehat, Dan Cepat Besar

Nah, jika burung cendet peliharaan anda mengalami kebiasaan salto anda dapat menerapkan cara diatas satu persatu dulu yang dilakukan jangan dilakukan semua cara diatas sekaligus dalam beberapa waktu. Cara diatas bukan untuk sehari atau dua hari saja, semua itu butuh proses dan butuh waktu yang lama yang penting dalam perawatan sehari-hari selalu konsisten. Dengan cara diatas lama kelamaan burung peliharaan kita akan mengurangi kebiasaan tersebut.

Untuk rekomendasi cara diatas yang dilakukan pertama kali yakni yang nomer 2 adalah memberikan penghalang beruppa karet pada atas sangkar. Cara ini bukan saja untuk mengatasi burung cebdet yang salto namun dapat diterapkan pada burung-burung yang lain yang kerap melakukan salto.

Baca Juga :  CARA MENGATASI BURUNG CENDET BAGONG ATAU MBAYEK ATAU NGEYEK

Demikianlah informasi yang dapat saya berikan tentang Cara Mengatasi Burung Cendet Sering Salto. Semoga dapat bermanfaat dan burung yang salto segera teratasi dngan cara ini.

Sekian dan terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!