Cara Merawat Burung Kenari Agar Rajin Bunyi Dan Gacor

Cara Merawat Burung Kenari — Halo sobat kenari mania di seantero Nusantara. Ya, untuk pembahasan kali ini tentang burung Kenari. Yang akan saya bahas adalah Cara Merawat Burung Kenari Agar Rajin Bunyi Dan Gacor.

Memiliki burung kenari yang gacor merupakan idaman tersendiri bagi kicau mania semua. Jika kenari kita gacor dan rajin bunyi itu akan membuat hati kita senang apalagi kalau burung kenari tersebut buat masteran burung peliharaan kita lainnya contohnya masteran burung Lovebird, Burung Kacer, Burung Cucak Ijo, Burung Murai Batu, Burung Pleci dan burung lainnya.

Mempunyai Burung Kenari yang gacor juga idaman bagi kicau mania semua. Apalagi kalau burung kenari tersebut buat lomba kicauan membuat bangga tersendiri itu kalau menjadi juara.

Untuk mendapatkan burung Kenari yang gacor dan rajin bunyi itu butuh proses dan rawatan yang baik dan benar. Rawatan yang baik dan benar itu kita tidak merubah rawatan harian burng Kenari. Jika kita merubah pola rawatan harian biasanya akan membuat burung Kenari stres dan macet bunyi. Sejak awal pelihara perlakukan burung kenari dengan baik.

Baca Juga :  Solusi Burung Kenari Kurang Suka Makan Bijian

Disisi lain selain rawatan harian saya akan memrikan tips atau informasi tentang Cara Merawat Burung Kenari Agar Rajin Bunyi Dan Gacor.

Apa saja tipsnya supaya Kenari gacor dan rajin bunyi : Simak dan baca ulasan dibawah berikut ini :

1. Penjemuran

Burung Kenari jangan dijemur terlalu lama dan diterik matahari siang yang sangat menyengat. Hal tersebutt kurang baik bagi tubuh burung kenari sebab dapat menyebabkan dehidrasi. Untuk penjemuran yang baik itu pada waktu dipagi hari sekitar jam 7 sampai jam 10 pagi atau diwaktu sore hari sekitar jam 3 sampai jam 5 sore dan hindari penjemuran disiang hari.

2. Penempatan Sangkar Burung Kenari

Untuk penempatan sangkar burung kenari hindari dari angin yang kencang sebab burung kenari kalau terkena angin akan malas bunyi dan bulunya akan selalu mengembang dikarenakan kedinginan. Burung Kenari tidak suka dengan cuaca yang dingi untuk itu hindari tempat yang anginnya kencang.

3. Mandi

Baca Juga :  Cara Mudah Beternak Burung Kenari Sistem Koloni

Burung Kenari juga butuh mandi seperti kita hal tersebut untuk menjaga suhu dalam tubuhnya agar tetap stabil, selain itu untuk menghindari jamur, penyakit dan mandi dapat mempercantik bulu-bulunya. Pemandian yang baik bagi kenari itu dipagi Hari sebelum penjemuran. Burung kenari biarkan mandi sendiri atau dimandikan tergantung dari kebiasaan kesehariannya.

4. Pakan

Berikan burung Kenari pakan yang berkualitas dan banyak mengandung protein. Contohnya pakan yang diberikan yakni Kenari seed, Milet Putih, Milet Merah, Niger, Biji Sawi dan lainnya. Atau berikan pakan yang sudah jadi saja untuk memenuhi kebutuhan gizinya. Silahkan mencari pakan dikios yang menjuala pakan burung.

5. Extra Fooding (EF)

Kenari juga butuh makanan tambahan agar dapat terpenuhi nutrisi dan proteinnya. Pakan tambahan atau Extra Fooding yang bagus menurut saya adalah untuk sayur berikan Gambas atau Cememes (bahasa Jawa), Sawi Putih atau hijau, Kangkung, Jagug Muda.

Untuk menambah nutrisi dan protein berikan Telur Rebus boleh telur Puyuh ataupun telur ayam. Untuk telur jangan berikan setiap hari hal tersebut untuk menghindari kegemukan pada burung kenari. Jika burung kenari kegemukan biasanya akan malas bunyi. Pemberian telur sebaiknya seminggu 2 kali atau 1 kali saja.

Baca Juga :  5 Burung Yang Booming Di Awal Tahun 2020

Tips rawatan burung Kenari diatas akan lebih maksimal itu seminggu sekali berikan vitamin atau suplemen agar burung kenari tetap vit dan sehat. Burung Kenari jika sehat pasti akan bunyi atau berkicau. Untuk vitamin cari saja di kios kios burung pasti ada yang jual.

Dan rawatlah burung Kenari yang baik dan jangan merubah pola rawatan harian. Dengan pola rawatan harian burung kenari akan rajin bunyi dan gacor. Untuk kelima rawatan diatas bukan hanya sehari atau dua hari langsung kelihatan hasilnya rawatan tersebut juga butuh proses yang tidak singkat.

Demikianlah informasi atau tips tentang Cara Merawat Burung Kenari Agar Rajin Bunyi Dan Gacor yang dapat saya sampaikan. Semoga bermanfaat untuk burung kenari yang kita pelihara.

Sekian Terima kasih dan salam sukses selalu untuk kicau mania semuanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *