Cara Mudah Beternak Burung Kenari Sistem Koloni

Cara Mudah Beternak Burung Kenari Sistem Koloni — Kenari merupakan burung yang banyak di minati oleh para kicau mania. Karena burung yang satu ini di pelihara sebagai burung masteran dan ada juga sebagai burung lomba. Memang burung kenari ini sangatlah mudah untuk dikembang biakkkan bahkan dengan cara koloni ataupun dengan cara satu kandang 1 indukan.

Dengan sistem koloni ini ada kelemahannya dan ada juga kelebihannya. Untuk itu saya akan membahas Cara Mudah Beternak Burung Kenari Sistem Koloni.

Sistem koloni merupakan sistem yang dalam satu kandang ada beberapa ekor burung kenari. Dalam satu kandang ini kalian dapat memberi 1 ekor jantan denagn 4 – 10 ekor betina tergantung besar kecilnya kandang. Jika kandang dengan ukuran 1 meter x 1/2 meter anda dapat memberi burung kenari 1 jantan dan 4 betina saja.

Namun jika kandang besar atau bekas kandang ternak burung lovebird yang berukuran beberapa meter anda dapat memasukkan burung kenari baik jantan maupun betina beberapa ekor didalamnya. Dalam sistem koloni harus ekstra diawasi sebab dalam sitem ini ada kekurangan dan ada kelebihan. Apa saja kekurangan dan kelebihannya ternak burung kenari sistem koloni?

Baca Juga :  5 Burung Yang Booming Di Awal Tahun 2020

Cara Mudah Beternak Burung Kenari Sistem Koloni

Kekurangan dari ternak burung kenari sistem koloni :

1. Dari beberapa ekor betina dalam satu sarang terkadang ditempati oleh beberapa ekor indukan kenari
2. Intesitas telur menetas kurang. Maksudnya dalam 5 butir telur yang menetas cuma 1 butir saja dan terkadang dari kelima telur itu tidak ada satupun yang menetas
3. Kita tidak sering menjemur burung atau burung kekurangan sinar matahari
4. Pembuahan dari sang jantan kurang sempurna

Kelebihan dari ternak burung kenari sistem koloni :

1. Ngirit tempat dan sangkar
2. Cara beri makan pun relatif cepat dan mudah
3. Tidak perlu mengawinkan burung kenari satu persatu
4. Dalam satu sangkar dapat diisi beberapa ekor burung kenari

Baca Juga :  Dengan Pakan Ini Burung Kenari Anakan Cepat Pecah Suara

Nah, itu kekurangan dan kelebihan dalam beternak burung kenari sistem koloni. Setealh kita mengetahui kekurang dan kelebihannya mari kita persiapkan dalam beternak burung kenari sistem koloni. Apa saja persipan dan kebutuhan yang kita perlukan simak penjelasan berikut ini:

1. Sangkar

Yang pertama kita siapkan yaitu sangkar. Sangkar sendiri kita dapat menggunakan sangkar yang berukuran 1 meter x 1/2 meter yang dapat diisi dengan 4 ekor burung kenari betina dan 1 ekor kenari jantan.

2. Sarang

Stelah menyiapkan sangkar untuk sistem koloni dalam kandang siapkan pula sarangnya. Jika terdapat 4 indukan kenari betina maka siapkan paling sedikit 4 tempat sarang. Tempatkan sarang tidak berdekatan satu sama lainnya. Untuk saran saja tenpatkan sarang pada setiap pojok kandang ternak.

3. Indukan burung kenari

Selanjutnya yakni menyiapkan indukan kenari yang akan kita buat ternak. Jika sangkar dan sarang sudah siap tapi indukan burung kenari tidak ada yang akan kita ternak apa coba? hehehehe (bercanda bentar).

Baca Juga :  Kenari Masih Memiliki Nilai Jual Yang Tinggi, Berikut Jenis Kenari Yang Paling Laku

Pilih indukan kenari yang bagus mulai dari keturunan ataupun cara mengeramnya yang sudah berumur lebih dari 6 bulan. Pilih kenari jantan yang sudah berumur lebih dari 8 bulan atau yang sudah gacor.

4. Pakan

Siapkan pula pakan yang berupa biji-bijian yang berkualitas baik serta berikan sayuran dan juga telur sebagai makanan tambahan. Pakan kalau bisa setiap hari diganti dengan yang baru. Sayuran yang dapat diberikan adalah sawi hijau, sawi putih, kangkung, dan gambas. Telur yang diberikan sebagai pakan yang sudah direbus dan dari telur ayam ataupun telur puyuh sebagai penambah protein burung kenari.

Demikianlah informasi tentang Beternak Burung Kenari Sistem Koloni yang dapat saya sampaikan. Semoga informasi ini bermanfaat dan menambah wawasan kita dalam beternak burung kenari.

Sekian dan terima kasih sudah mampir ke blog ini. Salam sukses selalu bagi kicau mania dimanapun berada.

One thought on “Cara Mudah Beternak Burung Kenari Sistem Koloni

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *