Extra Fooding Sayuran Yang Bagus Untuk Burung Emprit

Sayuran Untuk Burung Emprit — Selama ini kita mengetahui emprit atau burung pipit itu makannya cuma biji-bijian saja. Namun, sebenarnya burung emprit di habitat aslinya juga memakan berbagai tumbuhan. Untuk itu dan untuk kali ini pembahasan saya adalah Extra Fooding Sayuran Yang Bagus Untuk Burung Emprit.

Burung emprit atau burung pipit pada awal tahun 2019 ini sedang booming boomingnya. Terlepas dari munculnya sebuah video emprit yang mampu menyuarakan suara burung lain. Sampai-sampai burung itu dihargai jutaan bahkan puluhan juta. Maka dari itu banyak para kicau mania memburu burung yang satu ini untuk dijadikan burung yang seperti di video yang tersebar tersebut.

Dalam pemeliharaan burung emprit memang relatif mudah untuk para pemula didunia kicau. Karena burung ini juga sangat mudah beradaftasi dilingkungan barunya. Makanannya pun juga mudah untuk dicari seperti biji-bijian. Dihabitat aslinya burung ini banyak mencari makan di area persawahan yaitu sering memakan padi-padi para petani. Untuk itu jika akan memelihara burung ini berikan padi saja sudah cukup untuk memenuhi pakannya.

Baca Juga :  Cara Bedakan Burung Emprit Kaji Jantan Dan Betina

Selain padi atau gabah sebagai pakan kesehariannya kita dapat pula memberikan pakan biji-bijian berupa milet ataupun kenari seed. Untuk pemberian extra fooding untuk burung emprit kita dapat memberikan berupa sayur-sayuran. Sayur-sayuran yang dapat diberikan sebagai pakan tambahan adalah sayuran yang bisa kita makan.

Extra Fooding Sayuran Yang Bagus Untuk Burung Emprit

Sayuran yang dapat kita berikan ke burung pipit atau emprit adalah sebagai berikut :

1. Jagung Muda

Jagung muda banyak mengandung vitamin dan mineral yang diperlukan untuk pertumbuhan burung emprit. Sayuran ini begitu mudah kita dapatkan mulai dari pedagang sayuran keliling sampai dipasar terdekat pun ada. Untuk pemberiannya usahakan setiap hari diganti agar tidak menimbulkan tumbuhnya kuman yang akan mengganggu burung pipit yang kita pelihara.

Baca Juga :  Cara Ternak Burung Emprit Kaji Lengkap Untuk Pemula

2. Sawi hijau

Pilihlah sawi hijau sebab sawi ini sedikit sekali mengandung air dan pilihlah daun yang muda dan masih hajai atau belum layu. Sayuran ini sangat disukai oleh burung emprit sebab sayuran juga mengandung berbagai vitamin yang diperlukaan burung emprit. Sayuran ini juga begitu mudah untuk kita dapatkan disetiap kota pasti ada yang jual sayur sawi ini.

3. Bunga Brokoli

Sayuran selanjutnya yang disukai emprit adalah sayuran bunga brokoli. Sayuran jenis ini sangat bagus untuk pertumbuhan otak burung emprit apalagi kalau diberikan ke emprit yang masih muda.

Baca Juga :  Cara Membedakan Burung Emprit Jepang Jantan dan Betina Dengan Mudah

Selain ketiga jenis sayuran diatas kita juga dapat memberikan sayuran lainnya yaitu kangkung, gambas, bayam dan lain sebagainya. Sayur-sayuran ini diberikan ke burung emprit atau burung pipit sebagai pakan tambahan saja jika tidak ada tidak diberikan juga tidak apa-apa. Untuk pemberiannya setiap hari harus diganti agar tidak menjadi amoniak yang dapat menimbulkan pertumbuhan berbagai penyakit yang mengganggu emprit.

Sebelum sayuran diberikan ke burung peliharaan kita alangkah baiknya dicuci bersih. Hal ini untuk menghilangkan pestisida yang masih menempel pada sayuran tersebut.

Demikinalah informasi tentang Extra Fooding Sayuran Yang Bagus Untuk Burung Emprit yang dapat saya berikan. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita dalam memeilihara emprit.

Terima kasih dan salam sukses selalu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *