Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memilih Cucak Ijo Bakalan Yang Bagus

Purwomp - Para penghobi burung cucak ijo memiliki tujuan apa burung tersebut mau di budidaya atau hanya sekedar hobi saja. Dalam memilih burung cucak ijo sesuai selera masing-masing pilih muda hutan, cucak ijo dewasa hutan, dan cucak ijo yang sudah jadi (cucak ijo gacor). Dari pilihan diatas penghobi cucak ijo lebih memilih yang muda hutan, sebab burung lebih mudah dijinakkan, dapat dimasteri dan memiliki peluang cukup besar untuk dikembang biakkan.


Sebagian besar burung cucak ijo yang di jual dipasaran merupakan burung dewasa yang didapat dari tangkapan hutan. Dan ada juga burung yang sudah dipelihara orang lama. Namun, jika kita beruntung dalam memilih burung bakalan yang dijual dipasaran bisa mendapatkan burung cucak ijo bakalan anakan yang jantan.

Biasanya bakalan cucak ijo yang di jual pedagang burung dipasar-pasar burung menempatkan burungnya secara ombyokan maupun secara terpisah sendiri-sendiri dalam kandang. Dalam penempatan sangkar para pedagang menata secara rapi agar para pembeli dapat mengamati dan melihat burung dengan jelas.

Memilih bakalan cucak ijo begitu cukup sulit sebab lingkungan para pedagang burung selalu ramai orang yang berkunjung untuk itu kita akanmerasa kesulitan dalam mengamati burung mana yang bagus mana yang kurang bagus. Namun, ada cara lain untuk mendapatkan bakalan cucak ijo yang bagus, untuk itu anda dapat memperhatikan ciri-ciri dari bentuk fisik dibawah ini :

1. Bentuk tubuh panjang dan besar
2. Memiliki paruh tebal, panjang, kuat dan tidak cacat
3. Bentuk kepala bulat dan besar
4. Panjang leher sedang, serasi dengan bagian tubuh yang lain
5. Dada lebar dan punggung agak membungkuk
6. Kaki pendek, kokoh dan tidak cacat
7. Jari dan kuku normal dan dapat mencengkeram tenggeran dengan baik
8. Sayap panjang, kuat dan normal
9. Bulu sayap, ekor, tertata rapi dan bersih


Cara Memilih Cucak Ijo Bakalan Yang Bagus


Selain dilihat dari bentuk ciri fisiknya, kita juga dapat melihat dari kesehatannya. Hal ini dapat kita ketahui dengan ciri-ciri sebagai berikut :

1. Memiliki sorot mata yang tajam, bening, dan tidak sayu (bentuk mata sipit)
2. Bulu rapi dan bersih, tidak mengembang
3. Bentuk dada tidak nyilet saat diraba
4. Telapak Kaki tidak bengkak
5. Berdiri tegak
6. Kotoran berbentuk padat

Ada cara lain dalam memilih bakalan cucak ijo yang bagus yakni dengan melihat tingkah laku burng di dalam sangkar atau dalam ombyokan, diantaranya sebagai berikut

1. Selalu aktif bergerak, lincah dan tidak lesu
2. Mau makan dan selalu membersihkan bulu (didis = bahasa Jawa)
3. Saat diberi makan berupa jangkrik mau menyambarnya
4. Berkicau walau masih jarang-jarang atau ngeriwik saat disandingkan dengan burung yang lain

Demikian informasi tentang Cara Memilih Cucak Ijo Bakalan Yang Bagus. Semoga informasi ini berguna dan menambah wawasan bagi para pecinta burung berkicau.










===========***===========


Semoga Bermanfaat

Jangan Lupa Share, Komentar, dan Berikan Kritik Sarannya

Sekian Terima Kasih

By: purwomp.com