Habitat Dan Ciri Fisik Burung Cucak Hijau

Cucak Hijau — Cucak hijau atau cucak ijo merupakan family dari chloropseidae yang tersebar luas di Indonesia, meliputi Sumatera, Kalimantan, Jawa, dan Bali. Burung Cucak Ijo menghabiskan sebagian besar hidupnya di pohon. Pohon yang disukai oleh burung ini adalah pohon yang tinggi dan memiliki daun yang lebat.

Burung cucak ijo yang hidup di Jawa, pada umumnya hidup didaerah pesisir dan sebagiannya hidup di hutan-hutan. Cocak Hijau yang hidup di Jawa penyebarannya meliputi Ujung Kulon, Pulau Dua, Pulau Rambut, dan Meru Betiri. Namun, dikalangan kicau mania cucak ijo lebih dikenal berasal dari Banyuwangi, Jember, Trenggalek, dan Malang.

Makanan cucak ijo dihabitat aslinya adlah serangga dan buah-buahan. Jenis serangga yang diburu untuk dimakan adalah seperti jangkrik, belalang, laba-laba, ulat, kupu-kupu, kumbang, telur semut, dan lain-lain. Sedangkan buah yang disukai adalah jenis buah yang memiliki daging yang lunak seperti buah pisang dan buah pepaya.

Baca Juga :  Cara Merawat Cucak Ijo Bakalan Dari A - Z

Pada alam liar burung cocak ijo berkembang biak pada bulan April – Mei dengan cara bertelur. Jumlah telur yang dihasilkan dari burung ini antara 2-3 butir. Telurnya cucak ijo berwarna hijau kebiru-biruan pucat berbintik-bintik coklat agak merah seperti telur burung trucukan.

Telur-telur burung cucak hijau diletakkan diatas sarang yang berbentuk cawan yang terbuat dari bahan rumput kering atau ranting pohon yang kecil-kecil dan benang-benang dari sarang laba-laba. Tempat sarang cocak ijo biasanya terletak di dahan yang memiliki daun lebat sehingga kita akan sulit untuk menemukannya.

Baca Juga :  Cara Menjinakkan Cucak Ijo Dengan Cepat

Masa pengeraman telur burung cocak ijo sendiri sekitar 13-15 hari. Setelah itu masa iu telur akan menetas dan menhasilkan anakan burung cocak ijo sebagai penerus agar cocak ijo tidak mengalami kepunahan.

Habitat Dan Ciri Fisik Burung Cucak Hijau

Cocak hiaju yang ada di Indonesia ini memiliki ciri fisik yang perlu kita ketahui. Burung cocak ijo yang memiliki nama latin Chloropsis Sonnerati ini memiliki ukuran tubuh 20-23 cm dengan ciri-ciri fisik sebagai berikut :

1. Warna bulunya dominan hijau terang dengan garis pipi berwarna biru, untuk cocak ijo jantan bawah paruh berwarna hitam, sedangkan burung cucak ijo betina bawah paruh memiliki warna kuning pada bulunya.

2. Memiliki bulu yang panjang, tebal, dan lembut seperti kapas terutama pada punggung, tungging, dan perut

Baca Juga :  Jenis Cucak Ijo Yang Ada Di Pasaran

3. Memiliki paruh panjang, tebal, dan berwarna hitam

4. Iris pada mata berwarna coklat tua

5. Memiliki kaki yang pendek berwarna abu-abu agak biru

Ciri fisik yang dimiliki burung cocak ijo hanya sebagian besar saja. Jika ada ciri yang lain silahkan tambahkan pada komentar dibawah. Ciri fisik yang sya sampaikan diatas agar dapat menambah wawasan oleh penggemar kicauan khususnya cocak ijo bagi pemula yang ingin mmulai pelihara burung ini.

Nah, sudah sampai dipenghujung pembahasan untuk burung cocak hijau. Semoga dengan adanya artikel ini menjadi bermanfaat bagi kicau mania semua dalam mengetahui Habitat Dan Ciri Fisik Burung Cucak Hijau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *