Ingin Sukses Budidaya Ikan Air Tawar, Perhatikan 4 Dasar Pemeliharaan Ikan Ini

Dasar-dasar budidaya ikan – Anda pasti bertanya-tanya dalam hati, ada orang yang bisnis pada perikanan kok dapat sukses?. Dalam benak anda pasti dalam beternak ikan air tawar tersebut mudah. Ya, dalam beternak ikan air tawar itu memang mudah jika kita sudah tau dasar-dasar dalam budidaya ikan air tawar.

Dalam peternakan ikan air tawar dibilang mudah memang mudah itu untuk yang sudah lama menggeluti bisnis peternakan ikan ini. Namun beda lagi bagi peternak pemula yang baru memulai bisnis ini. Untuk pemula yang ingin memulai beternak ikan air tawar tidak usah berkecil hati, sebab saya akan membagikan dasar-dasar yang perlu kita ketahui dalam beternak ikan air tawar.

Nah, apa saja dasar-dasarnya itu? simak beberapa penuturan saya dibawah ini dengan seksama agar kita tau dan dapat sukses beternak ikan air tawar.

1. Perairan

Air kolam yang akan kita gunakan sebagai tempat memelihara ikan air tawar haruslah alkalis atau netral, jangan air yang memiliki sifat asam. Air kolam jangan sampai memiliki pH 4 hal ini dapat mematikan ikan. Ph air kolam sebaiknya 6,5 – 9, dengan ukuran segini sangatlah baik untuk ikan air tawar. Serta air yang baik adalah air yang memiliki kandungan oksigen ( O2) yang cukup. Untuk mengukur pH air gunakan pH meter atau kertas pengukur pH air.

Baca Juga :  Cara Ternak Ayam Kampung Bagi Pemula

2. Pengeringan Kolam

Pengeringan kolam sangatlah penting dalam peternakan ikan air tawar, sebab dapat mengembalikan tingkat kesuburan tanah serta dapat mematikan berbagai kuman yang membahayakan ikan. Dalam pengeringan kolam haruslah benar-benar kering yang ditandai dengan pecah-pecahnya tanah di dasar kolam.

3. Pemupukan

Bukan hanya tanaman dan sawah saja yang perlu dipupuk, ternyata kolam juga perlu dipupuk. Dalam pemupukan dalam hal ini dimaksudkan agar tanah pada kolam subur, jika kesuburan tanah pada kolam baik maka tingkat produksi ikan akan bertambah baik. Pupuk yang dapat digunakan untuk memupuk kolam adalah pupuk kompos, pupuk kandang, dan pupuk buatan

Untuk pupuk kandang sebelum ditebar ke kolam lakukan pelapukan terlebih dahulu, hal ini dimaksudkan agar nantinya air dalam kolam tidak panas. Dosis untuk pupuk kandang yang baik adalah 0,5 sampai 0, 75 kg untuk tiap 1 meter persegi.

Baca Juga :  Pakan Alternatif Lele Pengganti Pelet

4. Pengelolaan kolam

Pada pengelolaan kolam yang baik adalah sebelum ikan ditebar ke kolam alangkah baiknya kolam dikeringkan dahulu selam 3 hari atau sudah benar-benar kering yang ditandai dengan tanahnya pecah pecah. Dalam hal ini dimaksudkan agar kuman penyakit yang berada dikolam mati dan jika ada udara atau gas yang terjebak dalam tanah dapat keluar sehingga udara dalam tanah dapat berganti dengan udara yang segar.

Setelah 3 hari pengeringan kolam segera di isi dengan air sampai penuh sebelum ikan ditebarkan pada kolam. Setelah pengisian kolam biarkan air yang ada kolam di biarkan selam 1 minggu agar plankton-plankton serta binatang-binatang kecil dapat berkembang biak yang akan dijadikan makanan bagi ikan-ikan nantinya.

Kemudian tebarkan benih yang baik saja jika benih ikan ada yang sakit segera ambil agar tidak mengakibatkan ikan lainnya ikut mati. Dalam menebar ikan jangan jangan dilempar dari wadahnya seperti kita membuang sampah. Untuk penebaran benih ikan yang baik adalah dengan pelan-pelan, wadahnya celupkan air yang berada pada kolam agar ikan kecil keluar dengan sendirinya.

Baca Juga :  Cara Budidaya Belut Di Air Bersih Tanpa Lumpur

Dalam penebaran benih ikan jangan di satu tempat saja, usahakan berbeda-beda tempat. Agar ikan yang baru masuk kolam tidak bergerombol dalam satu tempat yang sempit. Dengan menebar benih ikan berbeda tempat dimaksudkan agar ikan segera beradaptasi dengan tempat yang baru serta dapat menyebar ke semua penjuru kolam.

Sampai disini dulu penyampaian Ingin Sukses Budidaya Ikan Air Tawar, Perhatikan 4 Dasar Pemeliharaan Ikan Ini. Semoga informasi ini dapat bermanfaat serta menambah wawasan kita dalam hal budidaya ikan air tawar.

Jika anda peduli dengan teman atau kerabat yang ingin memulai budidaya ikan tidak ada salahnya jika anda share atau membagikan artikel ini. Caranya cukup tekan tombol share yang ada dibawah postingan ini dan jika ada yang ingin ditanyakan tinggalkan komentar di bawah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *