Cara Berkembang Biak Hewan Dan Contohnya

Perkembangbiakkan Hewan, purwomp.com – Seperti halnya makhluk lain, hewan juga berkembangbiak untuk melestarikan keturunannya. Hewan dalam berkembang biak di bedakan menjadi 3 cara yaitu berkembang biak secara Vivipar, ovipar, dan Ovovivipar.

Dari ketiga jenis atau cara hewan berkembang biak di atas dapat di uraikan sebagai berikut :

1. Berkembang Biak Vivipar

Vivipar adalah hewan yang cara berkembang biaknya dengan melahirkan atau beranak. Cara perkembangbiakkan hewan ini biasanya terjadi pada hewan mamalia atau hewan yang menyusui. Perkembangbiakkan ini di lakukan dengan cara pembuahan sel jantan terhadap sel telur betina dan terjadi di dalam tubuh. Dari cara tersebut akan menghasilkan spesies baru dari jenisnya yang akan di lahirkan dari induknya.

Induk akan mengandung anaknya dalam beberapa waktu jika sudah saatnya nanti baru di lahirkan atau keluar dari perut sang induk. Di dalam kandungan, anak tersebut mendapat asupan makanan dari dari induknya untuk membentuk penyempurnaan tubuhnya.

Baca Juga :  Macam Macam dan Ciri Ciri Bangun Ruang

Ciri dari hewan mamalia adalah memiliki daun telinga, dan memiliki punting susu. Dan contoh hewan yang berkembang biak dengan Vivivpar adalah sebagai berikut Sapi, Kambing, Kucing, Kelinci, Kuda, Harimau, Kerbau dan lain lain.

2. Berkembang Biak Ovipar

Ovipar adalah hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur. Pembuahan pada hewan ovipar terjadi di dalam tubuh (internal) dan pembuahan di luar tubuh (external). Contoh hewan yang berkembang biak dengan ovipar adalah ayam, bebek, itik, burung, ikan dan serangga.

Pada perkembang biakkan Ovipar terjadi perbedaan pembuahan dan cara merawat telurnya pada hewan-hewan tertentu. Berikut adalah perbedaan cara perkembangbiakkan ovipar tersebut :

a. Ikan dan Amphibi

Walaupun sama sama tergolong ovipar, ikan dan amphibi beda dengan unggas cara mengerami telurnya. Untuk ikan dan amfibi tidak mengerami telur seperti nggas hingga menetas. Telur ikan dan amfibi akan menetas dengan sendirinya tanpa di erami oleh induknya. Sedangkan pembuahan pada ikan dan amfibi terjadi di luar atau external.

Baca Juga :  Contoh Soal Satuan Ukuran Kuantitas, Satuan Berat, Satuan Panjang, Satuan Waktu, dan Satuan Volume

Yang di maksud pembuahan external adalah setelah telur di keluarkan dari perut induk betina barulah sang jantan mengeluarkan spermanya untuk membuahi telur telur tersebut. Maka hal ini di sebut dengan pembuahan luar atau external.

b. Unggas

Unggas merupakan hewan yang termasuk jenis burung sebab dengan ciri yakni memiliki sayap, bulu, paruh, dan berkaki dua. Perkembangbiakkan unggas dengan cara ovipar atau bertelur. Hewan yang cara perkembang biakkkannnya dengan cara bertelur seperti ayam, bebek, dan burung. Hewan unggas mengerami telurnya hingga menetas. Ayam dan burung dalam mengerami telurnya selama 21 hari. Perkembangbiakkan ini terjadi di dalam tubuh atau internal.

Baca Juga :  Cara Menentukan, Pengertian KPK FPB dan Contohnya

3. Berkembang Biak Ovovivipar

Ovovivipar adalah hewan yang berkembangbiak dengan cara bertelur dan beranak. Maksudnya embrio pada hewan ini tumbuh di dalam telur akan tetapi telur tersebut berada pada tubuh sang induk. Lalu setelah telur tersebut menetas di dalam tubuh induknya, barulah anak tersebut di keluarkan dari dalam tubuh induknya. Contoh hewan yang berkembang biak dengan cara ovovivivpar adalah ikan hiu, ikan pari, buaya, kadal dan kuda laut.

Artikel Terkait :

berkembang biak hewan
cara berkembang biak hewan
cara berkembang biak hewan dan contohnya
cara berkembang biak hewan dan tumbuhan
berkembang biak hewan ayam
berkembang biak hewan dan tumbuhan
berkembang biak hewan kucing
berkembang biak hewan secara vegetatif
cara berkembang biak hewan anoa
cara berkembang biak hewan ovipar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *