Cara Membuat Derkuku Cepat Jinak Agar Cepat Manggung

Derkuku Jinak, purwomp.com – Derkuku merupakan jenis burung yang cukup besar badannya. Sedangkan warna bulunya di dominasi dengan warna coklat berbintik bintik serta pada leher ada semacam kaya kalung yang berwarna hitam. Pada postingan kali ini saya akan menjelaskan Cara Membuat Derkuku Cepat Jinak Agar Cepat Manggung, burung derkuku jinak atau cara agar derkuku jinak. Burung ini selain disebut derkuku ada sebutan lainnya yakni dekuku, tekukur, deruk

Burung derkuku itu memiliki anggungan yang khas serta burung ini di pelihara hanya sebagai klangenan saja di rumah. Akan tetapi dalam perlombaan anggungan burung ini ada kelasnya sendiri selain burung perkutut yang sama sama jenis burung anggungan.

Di Jawa burung derkuku memilki mitos tersendiri, kata orang tua jaman dulu jika pelihara ayam maka harus memelihara burung derkuku ini. Maksud dari omongan orang tua dulu agar ayam yang di pelihara tidak terjangkit penyakit. Katanya di saat burung derkuku mengepakkan sayapnya maka penyakit yang akan menyerang ayam akan kabur.

Itulah salah satu mitos yang ada di tanah Jawa saat memilihara burung derkuku. Namun, sekarang kebanyakan orang sudah tidak percaya dengan mitos tersebut, Memelihara burung derkuku ya di dengarkan anggungannya. Jika burung derkuku saat di ceteti sudah mau bekur itu akan membuat hati kita senang sekali.

Jika ingin memiliki burung derkuku yang seperti itu haruslah secara bertahap dalam memeliharanya. Mulai dari memandikan serta merawatnya. Untuk pertama kali agar burung derkuku cepat bekur saat di dekati adalah menjinakkan burung tersebut.

Baca Juga :  Pakan Untuk Burung Perkutut Bakalan Cepat Manggung Atau Gacor

Dalam penjinakkan burung derkuku sangatlah mudah jika kita tahu trik triknya. Untuk itu saya akan memberikan tips tips nya agar burung derkuku cepat jinak. Ini adalah pengalaman saya sendiri di saat memilihara derkuku agar cepat jinak.

Cara Membuat Derkuku Cepat Jinak Agar Cepat Manggung

1. Beli burung yang dari anakan atau beli burung hasil ternakan 

Ya, jika burung derkuku yang kita rawat adalah hasil bredding sudah di pastikan burung ini akan mudah sekali jinak. Berbeda jika kita membeli burung yang sudah dewasa atau hasil tangkapan liar. Hal ini membutuhkan proses yang cukup lama dalam merawatnya agar cepat jinak.

Baca Juga :  Cara Membedakan Jenis Kelamin Burung Perkutut Jantan Atau Betina

2. Pemberian pakan dan minum

Dalam pemberian pakan dan minum jika ingin burung derkuku cepat jinak baik ini burung hasil tangkapan liar atau dari anakan haruslah sedikit di beri jeda atau agak telat dalam pemberian pakan dan minum. Misalnya pagi hari jangan di beri makan dan minum sampai siang hari atau sampai sore, hal ini akan membuat burung derkuku merasa lapar dan menanti pemberian pakan dari kita. Nah, cobalah untuk mendekatkan tangan kita ke tubuh burung derkuku tersebut jika sudah mau di elus berarti derkuku sudah jinak.

Jika sudah begitu nanti dalam pemberian pakan seperti itu sampai burung jinak yang di tandai dengan burung mau di elus atau tidak klabakan lagi. Kalau burung derkuku sudah mau di elus pemberian pakan selanjutnya seperti biasa saja nanti lama kelamaan burung derkuku akan cepat manggung saat kita dekati.

Baca Juga :  Pakan Untuk Burung Perkutut Bakalan Cepat Manggung Atau Gacor

Begitulah pengalaman saya saat menjinakan burung derkuku sampai saat ini burung tersebut masih saya pelihara. Saat melihat saya derkuku tersebut langsung mendekat dan manggung dengan tidak ada henti hentinya.

Sekian dulu yang dapat saya sampaikan tentang Cara Membuat Derkuku Cepat Jinak Agar Cepat Manggung. Semoga bermanfaat bagi penghobi bunrung anggungan khususnya burung derkuku. Untuk tips ini juga dapat di berikan ke burung perkutut anada.


Pencarian Terkait :

derkuku jinak
agar derkuku jinak
burung derkuku jinak
cara agar derkuku jinak
cara jinakan derkuku
cara membuat derkuku jinak
harga derkuku jinak
jual beli derkuku jinak
jual derkuku jinak
membuat derkuku jinak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!