Cara Menyimpulkan Isi Paragraf Pada Bacaan

Paragraf, purwomp.com – Menyimpulkan paragraf adalah meringkas atau mencatat hal-hal penting dari bacaan atau sebuah deskripsi. Menyimpulkan paragraf hal yang mudah kita lakukan sebab pada paragraf sendiri cuma terdiri dari beberapa kalimat saja. Maka, kita dapat menentukan isi paragraf tersebut.

Agar sebuah paragraf mudah kita pahami, maka kita harus dapat menyimpulkan isi dari paragraf tersebut. Untuk melakukan menyimpulkan paragraf yang tepat, maka anda dapat menggunakan cara yang tepat dalam menyimpulkan paragraf. Bagaimana cara menyimpulkan paragraf? Berikut ini adalah cara yang tepat menyimpulkan paragraf :

cara menyimpulkan paragraf

1. Membaca Keseluruhan Isi Paragraf

Jika kalian sudah membaca keseluruhan paragraf dengan seksama maka kalian sudah di pastikan dapat menyimpulkan paragraf. Untuk menyimpulkan paragraf dengan baik yang perlu di ketahui adalah kita harus membaca dan memahami isi bacaan tersebut.

Baca Juga :  Teknik atau Metode dan Tujuan dari Pidato

2. Menemukan Ide Pokok

Jika sudah membaca dan memahami isi bacaan, selanjutnya yang harus di lakukan adalah menentukan ide pokok dari paragraf tersebut. Ide pokok merupakan pikiran utama atau inti dari suatu paragraf. Kalian dapat menentukan ide pokok paragraf dari kalimat utamanya.

3. Menyusun Simpulan

Langkah yang terakhir dalam menyimpulkan paragraf yaitu menyusun simpulan paragraf dengan menggunakan ide pokok yang sudah kita tentukan. Kalian dapat menyusun simpulan paragraf dengan gaya bahasa kalian sendiri atau menggunakan kalimat yang benar agar menghasilkan kalimat yang mudah di mengerti.

Baca Juga :  Perkembangbiakan Generatif Pada Tumbuhan

Ada hal lain yang harus kalian ketahui dalam menyimpulkan isi paragraf adalah bahasa dan pilihan kata yang di gunakan saat menulis kesimpulan. Pada umumnya kalimat kesimpulan sam dengan yang terdapat pada paragraf. Perbedaannya adalah pada pilihan kata, terutama kata kata yang menunjukkan hubungan penegas., misalnya kata demikian, jadi, dapat disimpulkan menjadi kata bahwa.. Kesimpulan sendiri dapat disampaikan dengan dua cara yaitu dalam bentuk paragraf itu sendiri atau dapat berupa poin poin.

Demikian artikel tentang Cara Menyimpulkan Isi Paragraf Pada Bacaan yang dapat saya sampaikan. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat di jadikan pembelajaran atau juga dapat menambah wawasan kita dalam menyimpulkan isi suatu bacaan.

Baca Juga :  Jepang Menyerah Kepada Sekutu

Artikel Terkait :

menyimpulkan paragraf
cara menyimpulkan paragraf
contoh menyimpulkan paragraf
menyimpulkan isi paragraf
menyimpulkan isi paragraf digunakan untuk menentukan
menyimpulkan paragraf adalah
menyimpulkan paragraf analogi
menyimpulkan paragraf deskriptif
menyimpulkan sebuah paragraf
soal menyimpulkan paragraf

bagaimana cara menentukan isi paragraf
menyimpulkan isi paragraf digunakan untuk menentukan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *