Manfaat Kerodong Buat Burung Pleci Kesayangan Anda

Manfaat Kerodong, purwomp.com – Dibenak para kicau mania pasti pernah bertanya, apa sih manfaat kerodong untuk burung? Hal ini juga sering di tanyakan oleh para penggemar burung pleci. Jika pertanyaan ini pernah anda tanyakan kepada rekan rekan anda pastinya anda sekarang dalam memelihara burung pleci dengan sungguh sungguh. Sebab kerodong sendiri memiliki beberapa manfaat yang dapat di rasakan oleh para kicau mania.

Kerodong sangkar sering disebut juga dengan selimut sangkar atau juga kelambu asangkar, apa pun sebutannya yang terpenting adalah manfaatnya menutup sangkar. Kerodong merupakan penutupp yang di gunakan untuk melindungi burung dari gangguan luar dan melindungi burung dari cuaca yang buruk serta melindungi burung pada saat di perjalanan.

Bagi pemain lama burung kicauan, kerodong di rasakan sangatlah memberi manfaat bagi burung kicauan peliharaannya. Berbeda dengan para pemain burung baru belum dapat merasakan manfaat dari kerodong itu sendiri untuk burng kicauan peliharaannya.

kerodong pleci

Kerodong selain di gunakan untuk melindungi burung dari gangguan external, baru baru ini kerodong ternyata digunakan sebagai ajang iklan atau mempromosikan komunitas (klub) burung yang memiliki beberapa anggota. Seperti hal nya dengan kaos yang sering di pakai para kicau mania bilamana sedang lomba pada event event tertentu agar komunitasnya di akui keberadaannya oleh para kicau mania lainnya.

Hampir semua pecinta burung pleci memakai kerodong yang sudah ada gambar atau simbol dari komunitasnya sendiri sendiri. Selain itu juga kerodong juga di manfaatkan oleh produsen terbesar untuk di jadikan promosi dagangannya khususnya pada iklan yang berkaitan dengan burung contohnya pakan dan minuman pendongkrak stamina.

Baca Juga :  Pemberian Jangkrik Yang Benar Untuk Burung Pleci

Manfaat Kerodong Buat Burung Pleci

Melindungi dari cuaca atau iklim

Jika pada musim penghujan atau musim dingin, krodong begitu sangat di rasakan manfaatnya untuk menghangatkan burung pleci dari udara dingin. Seperti layaknya manusia jika cuaca dingin maka memerlukan selimut untuk menghangatkan tubuhnya.

Melindungi dari gangguan hewan

Setelah musim panen di sawah, hewa hewan yang hidup di sawah seperti kupu-kupu atau orang jawa menyebutnya kaper itu sering kali terbang ke tempat terang. Dan pada saat itu juga jika kita tidak menyadarinya burung pleci yang memakan kaper tersebut dapat mati, hal ini sempat di rasakan oleh teman saya yakni burung kacer yang di peliharanya saat itu di gantung di dekat lampu dan ternyata setelah memakan kaper burung kacernya mati. Dan saya sarankan jika malam hari tiba burung lebih baik di kerodong agar burung aman dari gangguan hewan liar selain itu agar burung merasa nyaman saat tidur.

Melindungi burung pada saat di perjalanan

Para kicau mania sering mengikut sertakan burungnya pada ajang lomba baik latber maupun latpres. Pada saat mereka membawa burungnya semua kicau mania pasti burung yang ada di sangkar tersebut di kerodong. Hal ini di lakukan agar burung kesayangannya terhindar dari angin sebab perjalanan dari rumah ke lapangan lomba jaraknya jauh.Selain itu kerodong sangkar agar burung tidak mengalami stres saat di perjalanan. Serta agar burung merasa nyaman saat di perjalanan sehingga burung saat sampai di lapangan lomba memiliki stamina yang fit.

Baca Juga :  Dalam Ternak Pleci Harus Perhatikan Hal Hal Berikut Agar Berhasil

Melindungi burung dari gigitan nyamuk

Gigitan nyamuk dapat menyebabkan tubuh burung yang di gigit membengkak, hal tersebut dapat menjadikan kematian burung pleci. Manusia yang memiliki tubuh besar saja jika di gigit nyamuk sudah kebingungan apalagi burung yang memiliki tubuh kecil. Maka hal inilah manfaat kerodong begitu sangat di perlukan manfaatnya.

Di gunakan untuk burung yang sedang mabung

Burung yang sedang mabung perlu kehangatan yang luar biasa apalagi saat bulu bulunya mulai tumbuh, kerodong di perlukan untuk melindungi keindahan bulu burung saat tumbuh agar pertumbuhannya baik dan tidak rusak. Selain itu agar burung beristirahat secara total, sebab di saat burung pleci mabung tubuhnya merasa kurang fit.

Nah, itulah beberapa manfaat kerodong untuk burung pleci kesayangan anda. Selain anda mengetahui manfaatnya, saatnya anda ketahui tips memilih kerodong yang baik untuk burung pleci kesayangan anda. Simak ulasannya di bawah ini :

Untuk penggunaan kerodong, gunakan sesuai dengan musim atau cuaca. Jika cuaca begitu dingin atau pada saat musim penghujan maka gunakan kerodong yang tebal. Gunakan kerodong yang berwarna gelap tapi cahaya masih dapat tembus ini untuk burung yang masih giras atau burung tangkapan hutan baru. Kerodong yang transparan di maksudkan agar burung masih dapat melihat pakan dan minum yang di sediakan. Jika burung sudah merasa nyaman dan sudah tidak grubak grubuk maka gunakan kerodong yang transparan.

Baca Juga :  Macam Model Tangkringan Burung Pleci Yang Baik

Dari berbagai macam kerodong yang di jual di pasaran carilah kerodong yang sesuai dengan karakter burung anda. Sebab kadang kadang burung tersebut takut akan warna tertentu maka pahami terlebih dahulu sebelum membeli kerodong untuk burung pleci kesayangan anda. Selain warna yang perlu di perhatikan adalah bahan dari kerodong tersebut panas atau dingin saat di gunakan.

Demikian Manfaat Kerodong Buat Burung Pleci Kesayangan Anda yang dapat saya sampaikan kepada anda. Semoga postingan ini bermanfaat bagi para pleci mania atau pleman di seluruh nusantara ini agar burung kesayangan anda selalu fit sehingga dapat mengeluarkan performanya secara maksimal.

jika ada yang ingin di tanyakan silahkan tinggalkan komentar di bawah. Dan jika postingan ini di rasa memberi manfaat silahkan share ke teman teman pleci mania anda dengan cara menekan tombol share di bawah psotingan ini.


Postingan Terkait :

manfaat kerodong
manfaat kerodong burung
manfaat kerodong bagi burung
manfaat kerodong basah
manfaat kerodong basah burung basah
manfaat kerodong basah burung kering untuk cendet
manfaat kerodong basah di malam hari
manfaat kerodong basah untuk kenari
manfaat kerodong buat lovebird
manfaat kerodong buat pleci
manfaat kerodong untuk burung
manfaat kerodong untuk cendet
manfaat kerodong untuk ciblek
manfaat kerodong untuk lovebird
manfaat kerodong untuk murai
manfaat kerodong pleci
manfaat full kerodong untuk pleci
manfaat kerodong basah untuk pleci
manfaat kerodong buat pleci
manfaat kerodong burung pleci
manfaat kerodong untuk burung pleci
manfaat kerodong untuk pleci

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *