Bahaya Ulat Hongkong Bagi Burung Pleci

Bahaya Ulat Hongkong, purwomp.com – Ulat hongkong sering kali di berikan ke burung kesayangan kita untuk mendongkrak birahi burung agar cepat gacor. Para pleci mania juga memberikan ulat hongkong ke burung plecinya juga sebagai pendongkrak birahi agar cepat buka paruh. Bukan hanya untuk pleci saja melainkan burung yang lain seperti murai batu, kacer, cucak ijo, cendet, dan jenis burung pemakan serangga sering juga di beri makanan tambahan berupa ulat hongkong. Akan tetapi ulat hongkong juga ada bahaya yang akan di timbulkan kepada burung kesayangan kita.

Bahaya ulat hongkong akan terjadi jika kita dalam memberikan ke burung kesayangan kita secara berlebihan atau secara terus menerus. Dalam banyak kasus bahaya yang di timbulkan kepada burung itu dapat mengakibatkan kebutaan serta dapat mengakibatkan yang lebih parah lagi yakni kematian. Dalam memberikan ulat hongkong sebaiknya berikan sewajarnya atau berikan dalam sehari 2 – 4 ekor saja. Itu dapat di bagi menjadi dua yakni 2 ekor di pagi hari dan 2 ekor lagi di sore hari sebelum burung di kerodong.

Berikut Bahaya Ulat Hongkong Bagi Burung Pleci

  • Dapat menyebabkan birahi tinggi atau over birahi
  • Dapat mengganggu sistem pencernaannya
  • Dapat mengakibatkan mata menjadi buta atau katarak
  • Menambah biaya pakan
  • Dapat membuat serak suara burung
Untuk penjelasan bahaya yang di timbulkan oleh ulat hongkong diatas dapat anda baca uraian berikut ini :

1. Dapat menyebabkan Birahi Tinggi atau Over Birahi

Kelebihan pemberian ulat hongkong ke burung kesayangan kita dapat menyebabkan burung mengalami over birahi. Hal ini akan membuat burung jarang untuk berkicau atau sering kali hanya merapikan bulu bulunya atau hanya diam saja. Selain itu dapat mnyebabkan bulu burung rontok secara terus menerus, hal ini di karenakan tubuh burung merasa panas.

2. Dapat Mengganggu Sistem Pencernaan

Ulat hongkong sebenarnya bagus untuk burung tapi jika dalam pemberiannya kurang tepat justru akan membuat pencernaan burung tidak baik. Sebab ulat hongkong banyak mengandung lemak selain itu ulat hongkong memiliki zat kittin yang tinggi, hal inilah yang memicu pencernaan burung dapat terganggu.
Agar lebih aman bagi burung dan agar tidak mengganggu pencernaan maka berikan ulat hongkong yang sedang berganti kulit atau ulat yang berwarna putih. Sebab jika ulat hongkong sedang berganti klit maka lemak pada tubuhnya sudah berkurang banyak sehingga aman untuk di berikan ke burung pleci kesayangan kita. Jika ingin aman lagi maka berikan ulat hongkong yang sudah mati atau di matikan dulu, caranya celupkan ulat hongkong ke dalam air hangat, itu juga dapat mengurangi kadar lemaknya.

3. Dapat Mengakibatkan Mata Buta atau Katarak

Burung yang sudah mengalami katarak atau kebutaan akan sulit sekali untuk di obati atau di sembuhkan. Katarak pada mata burung banyak penyebabnya salah satunya adalah kelebihan ulat hongkong. Ulat hongkong itu jika di makan burung, burung tersebut tubuhnya akan merasakan panasĀ  jika dalam pemberiannya kebanyakan panas tersebut akan lari ke mata burung.
Pertama tama jika kelebihan ulat hongkong mata burung akan terlihat seperti mengeluarkan air secara terus menerus. Kemudian lama kelamaan mata burung tersebut seperti meletus atau mengalami kebutaan atau katarak. Untuk itu berikan ulat hongkong sewajarnya saja kepada burung kesayanga kita.

4. Menambah Biaya Pakan

Ya, benar sekali jika memberikan ulat hongkong ke burung kesayangan kita dapat menambah biaya pakan. Sebab yang biasanya hanya di berikan pakan yang biasa biasa saja agar burungnya cepat gacor maka diberikannya ulat hongkong tersebut. Harga ulat hongkong memnag relatif mahal maka dari itu dapat menambah biaya pakan.

5. Dapat membuat Suara Burung Serak

Dari sekian bahaya yang di timbulkan ulat hongkong ke burung ada salah satu bahaya yang kurang baik yakni membuat suara burung menjadi serak. Suara burung yang serak dapat di akibatkan karena tenggorokan burung itu sakit atau sedang terluka.
Mengapa kok ulat hongkong dapat mebuat suara burung menjadi serak ?
Kulit ulat hongkong yang berwarna coklat tersebut, itu memang agak keras sehingga jika di berikan ke burung akan membuat luka pada pita suara burung. Agar pemberian aman dan tidak melukai kerongkongan burung maka berikan ulat hongkong yang berganti kulit atau sewaktu ulat berwarna putih bersih. Untuk membuat ulat hongkong cepat berganti kulit menjadi putih BACA SELENGKAPNYA DISINI
Ulat hongkong itu memiliki kadar nutrisi yang perlu kita mengerti, agar kita tahu berpa pemberian yang baik untuk burung kesayangan kita. Berikut kandungan zat dan nutrisi ulat hongkong yang perlu kita ketahui :
  • Usahakan jangan diberikan pakan ini secara berlebihan, karena ulat hongkong didalam kandungan zat kitin didalam tubuh ulat hongkong sangat tinggi.
  • Kandungan lemak ersentasinya juga sangat tinggi.
  • Kandungan nutrisi ulat hongkong 42% lemak kasar,46% protein kasar,7 % kadar abu,kandungan non nitrogen 10 %
Nah, sekarang kalian tahukan akan bahaya yang di timbulkan dari ulat hongkong bagi burung kesayangan kita. Untuk itu marilah kita menjaga dan kontrol dalam memberikan ulat hongkong bago burung kesayangan kita. Semoga postingan ini bermanfaat serta dapat menambah wawasan kita dalam hal bahaya ulat hongkong.
Postingan Terkait :
bahaya ulat hongkong
bahaya ulat hongkong bagi burung
bahaya ulat hongkong bagi manusia
bahaya ulat hongkong buat pleci
bahaya ulat hongkong untuk burung
bahaya ulat hongkong untuk murai batu
bahaya ulat hongkong untuk pleci
Baca Juga :  Rawatan Saat Pleci Mabung Dan Ketahui Step Demi Step Pemulihan Dengan Cepat

One thought on “Bahaya Ulat Hongkong Bagi Burung Pleci

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *