Macam Penyakit Dan Cara Pencegahan Pada Kelinci

Penyakit Kelinci, purwomp.com – Berbagai macam penyakit yang menyerang pada kelinci seperti penyakit yang menjangkit manusia. Jika manusia pun dapat sakit, kelinci juga dapat sakit. Jika ada kelinci yang sakit maka segeralah untuk menajuhkan atau memisahkan dari kelinci yang masih sehat. Tujuannya adalah agar kelinci yang sehat terhindar penyakit menular dari kelinci yang sakit.

Kelinci yang sakit pastinya ada tanda tanda yang tidak seperti biasanya, seperti bila biasanya gerakannya lincah maka menjadi lamban atau hanya diam saja, biasanya hidungnya kering bersih menjadi basah karena sering mengeluarkan lendir, perut yang biasanya kecil berubah menjadi besar. dan lain sebagainya.

Kemunculan tanda tanda seperti diatas itu menandakan bahwa kelinci tersebut sedang sakit. Untuk itu kita perlu mengenali dahulu jenis jenis penyakit yang sering menyerang kelinci. Berikut penyakit yang biasanya menyerang terhadap kelinci :

Macam Penyakit Dan Cara Pencegahan Pada Kelinci

1. Kembung

Kembung sering kali di alami oleh kelinci, penyakit ini sering timbul akibat dari masuk angin atau salah makan. Penyakit kembung memiliki ciri ciri khusus yakni perut terlihat membengkak atau terlihat besar tidak seperti biasanya. Penyakit ini timbul akibat dari sang pembudidaya salah dalam memberikan pakan sehingga kelinci menjadi kembung.

Baca Juga :  Macam Jenis Kelinci Yang Ada Di Indonesia

Pencegahan yang sederhana adalah dengan cara mengoleskan minyak angin atau minyak lainnya ke perut kelinci. Jika diolesi minyak tidak kunjung sembuh maka dapat dengan cara memberikan minuman dengan campuran minyak adas dengan minyak kelapa. Dengan takaran 1 sendok minyak adas 4 sendok minyak kelapa.

Dalam pemberian minuman tersebut tentunya harus memperhatikan besar kecilnya atau usia kelinci itu sendiri. Untuk pemberian ke kelinci besar menggunkan 1 sendok teh, sedangkan untuk kelinci yang masih berumur 2 sampai 4 bulan maka berikan 1/2 sendok teh saja. Minuman ini dapat diberikan 2 sampai 3 kali dalam sehari.

2. Pilek

Untuk penyakit pilek yang menyerang pada kelinci dapat di ketahui dengan ciri ciri seperti berikut yakni kelinci pada hidungnya sering mengeluarkan lendir serta kelinci sering bersin bersin. Penyakit ini di timbulkan dari virus atau dari udara yang dingin serta sirkulasi udara yang kurang baik dan kandang lembab atau basah. Untuk itu kandang sebaiknya bersih, kering dan tidak lemabab.

Baca Juga :  Cara Memberi Makan Kelinci Yang Benar Agar Sehat Dan Gemuk

Pencegahan penyakit pilek dapat di atasi dengan cara membersihkan kandang serta memberikan sirkulasi udara yang baik pada kandang. Jika ingin memberikan pengobatan dapat di lakukan dengan menyuntikan Streptosmysin ke bagian pantat kelinci, untuk takaran suntikannya adalah 1 cc.

3. Kudis

Penyakit kudis sering kali menyerang pada kelinci, penyakit ini merupakan penyakit luar artinya penyakit ini menyerang pada bagian kulit kelinci. Tanda tanda dari penyakit ini adalah terjadi mirip koreng yang menjangkit di bagian telinga, hidung, kaki jika sudah parah dapat menyerang di bagian semua kulit kelinci.

Penyakit kudis disebabkan oleh kurang bersihnya kandang kelinci, pakan yang kurang higienis atau kotor. Selain itu penyakit ini terjadi akibat dari udara yang lembab, kandang basah atau lembab serta akibat gigitan binatang kecil atau kutu.

Baca Juga :  Cara Menentukan Jenis Kelamin Kelinci Jantan dan Betina

Penyakit ini dapat diatasi dengan obat anti kudis yang dapat di beli di tempat penjualan pakan ternak. Harga dari obat kudis ini relatif murah. Selain itu anda dapat menoleskan minyak goreng yang di campur dengan obat kudis lalu oleskan ke bagian yang terkena kudis tersebut.

4. Mencret

Penyakit mencret dapat terjadi akibat adari pemberian pakan yang tidak tepat serta dapat terjadi akibat bakteri yang di timbulkan oleh kandang yang kotor. Kandang yang kotor akibat dari tidak di bersihkan sehingga kandang akan mudah sekali lembab. Serta kandang kurang dari penyinaran matahari.

Untuk mencegah penyakit ini anda dapat memberikan pakan yang memiliki serat baik seperti daun pisang, daun jambu.

Nah, demikianlah Macam Penyakit Dan Cara Pencegahan Pada Kelinci yang dapat saya sampaikan. Semoga dapat membantu para peternak kelinci yang kelincinya sedang mengalami penyakit yang di sebutkan di atas. Serta dapat menambah wawasan kita dalam menangani penyakit penyakit yang terjadi pada kelinci peliharaan kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *