Setting Lovebird Konslet Sistem Tempel

Lovebird Konslet, purwomp.com – Tempel merupakan mendekatkan burung lovebird satu dengan lovebird yang lainnya yang terdiri dari 2 burung atau lebih. Pada sistem tempel ini banyak pemain burung lovebird masih kebingungan caranya. Untuk itu akan saya uraikan pengalaman saya sewaktu bermain burung lovebird konslet sistem tempel dirumah sampai settingan di lapangan agar tetap gacor.

Memang membuat burung lovebird konslet atau gacor amat sangat sulit, kita harus mengerti caranya meredam birahi, menurunkan emosi lovebird. Lovebird konslet merupakan burung lovebird yang tidak peduli burung lovebird di sampingnya saat di gantangan. Akan tetapi jika masih suka ngejar ngejar burung lainnya belum dikatakan burung itu konslet.

Membuat burung lovebird yang sudah tidak peduli dengan burung di sampingnya, salah satu caranya adalah dengan sistem tempel ini. Burung yang setiap harinya selalu ditempel dengan burung yang sejenis lama kelamaan akan membuat burung sudah tidak peduli lagi akan burung di sampingnya. Jika burung lovebird di lombakan akan selalu ngeluarkan ngekeknya.

Sistem Lovebird Tempel / koloni

Sistem tempel yang dimaksudkan bukan hanya menempel burung lovebird satu dengan lovebird lainnya apa adanya. Akan tetapi harus dengan strategi yang pas agar gacoan yang kita tempel birahinya teredam. Artinya sistem tempel ini bukan asal asalan menempel burung lovebird pilihan kita.

Berikut cara rawatan harian lovebird sistem tempel atau koloni

1. Persiapan

Siapkan beberapa burung lovebird yang akan kita gunakan untuk sistem tempel ini, minimal jumlah burung yang untuk sistem ini adalah 5 ekor, lenih banyak lebih baik. Jika gacoan yang kita pakai lovebird dewasa jantan atau betina maka burung yang untuk menempelnya yakni burung yang masih muda atau burung lovebird masih anakan. Jika anakan yang buat menempel tersebut menjadi dewasa ganti lagi lagi yang masih anakan, agar birahi lovebird dewasa tetap terjaga.

Baca Juga :  Daftar Harga Burung Lovebird Terbaru Juni 2019

Mengapa menggunakan lovebird anakan untuk menempelnya, karena lovebird anakan jika masih kecil suka ngeriwik atau belajar berkicau jadi akan membuat ramai dan merangsang lovebird dewasa gacoan kita ikut ngekek.

2. Tempat Menempel Burung Lovebird

Dalam penempatan sistem tempel ini juga tidak asal asalan, akan tetapi tempat yang memiliki sirkulasi udara begitu baik. Tempat yang sejuk akan membuat sistem ini berjalan dengan sempurna, maka carilah tempat yang sejuk untuk penempatan burung lovebirdnya. Taruh semua sangkar burung lovebird di bawah (lantai), maksudnya agar burung lovebird selalu di tangkringan kebiasaan ini akan di bawa waktu di perlombaan atau di gantangan.

Burung lovebird juga akan cepat mapan atau jinak dan tidak takut dengan manusia, hal ini akan membuat mental burung lovebird gacoan anda semakin bagus. Kalau bisa tempat yang selalu di lewati manusia, ini akan membuat burung lovebird semakin bagus mentalnya.

3. Pengembunan dan Penjemuran

Dalam sistem tempel ini, durasi pengembunan sebentar saja sekitar satu jam lalu jemur lovebird juga sebentar, jika burung sudah diam dan ngekek ngekek sendiri kemudian masukkan burung ke koloninya lagi. Sebelum dimasukkan kembali di koloninya semprot burung sedikit saja agar tubuh burung dingin dengan embun saja.

Baca Juga :  CARA MENGATASI EGG BINDING PADA BURUNG LOVEBIRD

4. Pemandian

Setelah melakukan pengembunan burung lovebird beri wadah besar yang berisi air bersih biarkan burung lovebird mandi sendiri. Jika waktu pagi hari biarkan burung love bird mandi sendiri jangan kita mandikan dengan semprot, sebab burung akan tahu suhu tubuhnya sendiri mau mandi atau tidak. Akan tetapi jika sore hari kita mandikan dengan di semprot sampai basah kuyup kira kira sekitar jam 4 – 6 waktu memandikan.

5. Pakan

Berikan pakan hanya milet putih saja jika menggunakan sistem tempel ini, di maksudkan agar birahi burung tidak cepat naik ( stabil birahinya). Milet putih yang di berikan terlebih dahulu di cuci bersih kemudian jemur milt sampai kering.

Nah, itulah cara setting sistem tempel atau koloni yang dapat anda jadikan inspirasi untuk membuat gacoan anda stabil dalam perlombaan.

Sekarang akan saya berikan tips sebelum dan di lapangan perlombaan burung lovebird agar tetap ngekek waktu di gantangan.

  • Sebelum berangkat, pisah gacoan yang akan kita lombakan dengan burung tempelan. Lalu burung semprot sedikit kemudian gantang di teras rumah jika burung langsung ngekek panjang langsung kerodong dan siap berangkat. Saat mau berangkat, kerodong di semprot jangan sampai basah kuyup yang penting di dalam sangkar tetap dingin udaranya.
  • Sampai di lapangan cari tempat sendiri atau jauh dari burung lovebird lainnya agar birahi burung gacoan kita tidak naik dengan cepat.
  • Kerodong di lepas. lalu mandikan lovebird dengan basah kuyup jemur sampai burung ngekek ngekek sendiri baru di angkat dan taruh di tempat teduh.
  • Lalu burung gacoan kita jaga atau buat agar tidak selalu ngekek sebelum di gantangkan
  • Sebelum naik gantangan berikan batang daun kangkung sekitar 1 cm 3 kali, 1 menit sebelum di gantangkan
  • Semprot sedikit di dadanya sebelum di bawa ke gantangan
  • Waktu membawa ke lapangan biarkan tanpa kerodong atau pakai kerodong tergantung kebiasaan gacoan anda
Demikian cara setting lovebird konslet sistem tempel mulai dari rawatan harian hingga di lapangan lomba burung berkicau yang dapat saya sampaikan. Semoga postingan ini bermanfaat dan jika ada salah kata yang di tulis saya minta maaf dan jika cara yang saya sampaikan tidak cocok dengan gacoan anda jngan di pakai cara ini.
Jika ingin praktek cara yang saya tulis ini pakai burung bakalan atau yang belum jadi. Dan jika ada yang ingin di tanyakan tinggalkan komentar nada di kolom komentar di bawah.

Pencarian Terkait :

Baca Juga :  DENGAN APLIKASI TRAINING LOVEBIRD BURUNG MACET JADI GACOR LAGI

setting lovebird
setting lovebird betina konslet
setting lovebird paruh putih
setting lovebird fighter
setting lovebird jantan
setting lovebird koloni
setting lovebird konslet
setting lovebird lomba
setting lovebird paruh merah
setting lovebird paud
setting lovebird untulan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *