Cara Mengetahui Usia Burung Pleci Yang Kita Pelihara

Usia Burung Pleci, Purwomp.com – Pada dasarnya burung pleci merupakan hewan yang bernyawa, setiap makhluk hidup pasti akan mengalami kematian. Untuk itu sebelum kita membeli burung pleci kita sudah tahu pleci tersebut usianya berapa?. Sebab kita akan syok jika sudah membeli burung dengan harga yang mahal ternyata burung pleci tersebut usianya hanya menghitung hari saja.

Para pleci mania banyak yang belum mengetahui teknik untuk mengetahui usia burung pleci kesayangannya. Apalagi bagi para pemula pelihara pleci yang di beli dari ombyokan di pasar. Untuk itu saya akan membagikan cara mengetahui usia burung pleci berikut ini :

Cara Mengetahui Usia Burung Pleci Yang Kita Pelihara

1. Warna Bulu Burung Pleci

Ternyata kita dapat mengetahui usia burung pleci dapat di lihat dari bulu bulunya. Memang bulu burung itu dapat memikat para pecinta burung, jika burung memiliki bulu yang indah maka semuanya akan senang melihatnya. Burung pleci yang memiliki warna bulu yang cerah, terang dan memiliki tubuh yang ramping itu menandakan burung pleci tersebut masih muda.

Baca Juga :  Download Aplikasi Kicau Kicau Burung Terlengkap

Maka dari itu sebelum membeli burung pleci di ombyokan pasar perhatikan lebih dahulu warna bulu burung pleci tersebut. Jika pleci dalam ombyokan memiliki warna bulu yang cerah itu menandakan pleci yang berusia muda.

2. Struktur Sisik Kaki Burung Pleci

Sisik pada kaki burung pleci dapat menandakan pleci tersebut masih muda atau sudah tua. Jika burung pleci memiliki kaki yang masih basah dan terlihat tidak kusam atau masih putih bersih sudah di pastikan burung pleci tersbeut masih muda. Namun jika sebaliknya yakni kaki pleci sudah bersisik tua atau sudah membentuk belimbing atau medang istilah para kicau mania di pastikan pleci tersebut sudah berusia tua.

Baca Juga :  Genus Burung Yang Memiliki Spesies Paling Banyak Di Dunia

3. Paruh burung Pleci

Kita dapat mengetahui usia burung pleci salah satunya adalah melihat warna paruh burung pleci. Pleci yang masih memiliki usia muda itu memiliki warna paruh pada pangkal ada semburat putih. Sedangkan pleci yang sudah tua itu memiliki warna paruh dari ujung sampai pangkal cenderung coklat kehitaman.

4. Fase Mabung Pleci

Semua burung itu mengalami yang namanya mabung atau pergantian bulu yang sudah tua di ganti dengan bulu baru. Dari sinilah kita dapat mengetahui usia burung tersebut tidak kecuali dengan burung pleci.

Burung pleci mengalami mabung pertama itu di saat usia 1 tahun tapi sebelum mabung tersebut sudah lebih dulu ganti bulu yakni bulu anakan beralih ke dewasa. Setelah mabung yang pertama, mabung yang ke dua adalah 2 – 3 tahun sekali, maka dari itu jika pleci sudah mengalami mabung 4 kali maka burung tersebut sudah berusia 8 – 12 tahun. Menurut para senior, burung pleci itu memiliki usia sekitar 15 – 20 tahun.

Baca Juga :  Kroto Berbahaya Untuk Burung Pleci dan Itu Perlu Di Waspadai

Nah, dengan demikian kita sudah tahu mengetahui usia burung pleci kesayangan kita. Untuk itu rawatlah burung semestinya saja sebab semua makhluk hidup di muka bumi ini akan mengalami kematian. Sebelum burung pleci kita mati kita perlu melestarikannya dengan cara mencetak burung pleci baru agar suatu saat burung ini tidak punah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *