Langkah Langkah Beternak Kenari Yang Wajib Anda Ketahui

Langkah Langkah Beternak Kenari Yang Wajib Anda Ketahui, Purwomp.com  – Kenari di pelihara karena di gemari warna dan kicauannya yang merdu. Banyak para penggemar kicauan yang suka akan warna dan kicauan dari burung kenari ini sejak 1400 tahun lalu. Dalam memelihara burung kenari harus menyiapkan kandang yang besar agar si burung leluansa terbang di dalam sangkar.

Burung kenari memiliki istilah dalam bahasa inggris yakni Canary Bird. Sesuai dengan namanya burung ini berasal bukan dari Indonesia melainkan dari Pulau Canary yang masuk di dalam negara Spanyol Eropa. Pada umumnya kenari memiliki warna pada bulunya yakni kuning bersih. Namun tak jarang sekarang banyak varietas warna selain kuning misalkan orange, hijau botol, merah, dan masih banyak warna lainnya. Burung kenari memang memiliki bentuk tubuh yang kecil namun masa hidupnya mampu berumur sampai 20 tahun.

Jika anda ingin beternak burung kenari, untuk sekarang ini masih cukup menjanjikan hasilnya. Harga burung kenari yang sampai saat ini masih stabil memang sangat menguntungkan untuk di ternak. Dalam beternak burung kenari kita cukup memiliki satu jantan dan beberapa betina dan tidak harus secara berpasang pasangan. Akan tetapi burung kenari ada juga yang suka hanya pada satu pasangan saja, hal itu akan jarang sekali kita temui.

Bila anda baru sekali ingin memulai beternak kenari harus tahu langkah langkahnya, agar kita tahu dan tidak akan merugi di kemudian hari. Untuk itu marilah simak langkah langkah yang baik dalam beternak kenari seperti berikut ini :

Baca Juga :  Dengan Pakan Ini Burung Kenari Anakan Cepat Pecah Suara

Langkah Langkah Beternak Kenari Yang Wajib Anda Ketahui

1. Menentukan Jenis Kelamin Burung Kenari

Sebelum memulai beternak burung kenari kita wajib mengetahui jenis kelamin burung kenari agar kita tidak salah nantinya. Sebenarnya jika burung kenari sudah berumur lebih dari 5 bulan gampang sekali kita menentukan jenis kelaminnya yakni burung kenari jantan itu dapat berkicau panjang sedangkan betina tidak berkicau panjang seperti jantan. Untuk lebih jelasnya perhatikan perbedaanya di bawah ini :

Burung Kenari Jantan :

  • Dubur kenari jantan berbentuk panjang / menonjol lurus, dan vertikal
  • berkicau panjang dan nyaring
  • Badannya berbentuk kecil dan memanjang
  • Belahan pada paruh lurus dengan mata

Burung Kenari Betina :

  • Dubur kenari betina berbentuk datar / tidak menonjol dan agak lebar
  • Tidak berkicau walau ada betina yang berkicau tapi hanya pelan seperti burung ngeriwik
  • Badan berbenuk pendek atau bulat
  • Belahan paruh tepat berada di bawah mata
  • Pada supit jika di raba berbentuk lebar itu pertanda sebagai tempat telur

2. Umur burung Kenari

Burung Kenari yang sudah siap untuk di ternak dan memiliki kematangan birahi reproduksi yakni jantan lebih dari setahun sedangkan betina lebih dari 8 bulan. Sedangkan ciri lain dari burung kenari yakni Kenari Jantan sudah sering berkicau dan jika di dekatkan dengan betina maka akan mengejarnya serasa ingin kawin.
Untuk burung betina ciri lainnya yaitu jika burung kenari betina mendengar suara kicauan jantan maka akan ngeleper atau mengepakkan sayap. Jika di beri sarang akan membentuk sarangnya atau di istilahkan mbunderi.

3. Kandang Ternak

Kandang yang di pakai untuk ternak kenari adalah yang agak luas atau yang berukuran 40 x 40 x 50. Dengan kandang ukuran besar agar burung kenari leluansa dalam terbang. Siapkan pula wadah pakan dan minum dalam sangkar kenari. Untuk makanan burung kenari yang untuk ternak beri biji bijian dan sayur sayuran serta telur rebus.

4. Masa Penjodohan Dan Masa Perkawinan

Pada masa ini siapkan 2 kandang, 1 kandang untuk betina dan satunya lagi untuk kenari jantan. Kedua burung tersebut jangan langsung di satukan dalam satu kandang ternak, namun dekatkan terlebih dahulu agar sama sama birahi. Setelah burung kenari jantan berkicau dan kenari betina meresponnya dengan mengepakkan sayap maka langsung saja kenari jantan masukkan ke kandang kenari betina. Jangan sebaliknya nanti tidak akan mau kawin.
Perhatikan jika kenari jantan menyuapi kenari betina berarti itu sudah jodoh dan biarkan selama seminggu. Setelah burung kenari betina sudah bertelur 3 butir telur maka cabut kenari jantan dan jangan di perlihatkan betinanya.

5.  Proses Pengeraman Telur

Pada proses pengeraman telur, yang melakukan pengeraman biasanya kenari betina saja. Seperti yang sudah di sebutkan di atas maka jauhkan kenari jantan dari betina yang mengeram agar kenari betina tidak birahi lagi. Dalam pengeraman telur selalu sediakan pakan dan minum setiap hari. Setelah usia pengeraman sudah 12 hari maka sipakn pakan tambahan yakni berupa sayur dan juga telur. Karena pada usia 14 hari pengeraman biasanya telur akan menetas.
Setelah menetas sampai usia 26 hari anak kenari masih di suapi oleh induknya. Dan jika sudah berumur 27 – 28 anak kenari sudah belajar makan biji bijian pada umur segitu anak kenari sudah dapat di pisah dari induknya dan kenari betina sudah siap di kawinkan lagi.
Demikianlah Langkah Langkah Beternak Kenari Yang Wajib Anda Ketahui yang dapat saya sampaikan. Semoga postingan ini bermanfaat bagi anda yang baru memulai ternak kenari. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!