Jenis Reklame Menurut Sifat dan Tujuannya

Purwomp.Com – Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan bahan ajar kelas 6 tema 4 Globalisasi subtema 1 globalisasi di sekitarku SBdP semester 1 kurikulum 2013/K13 yang berjudul Jenis Reklame Menurut Sifat dan Tujuannya.

Pada pembelajaran tentang reklame ini kita sebenarnya sudah tau apa itu reklame? dan sering kali kita melihatnya. Namun, kita belum tahu reklame itu masuk jenis apa serta tujuannya apa dan sifatnya bagaimana. Untuk itu akan kami jelaskan pada pembahasan di bawah ini :

Reklame adalah suatu tindakan yang ditujukan untuk menarik perhatian orang atas suatu jenis barang atau jasa dengan cara membangkitkan minat dan kemauan seseorang untuk memiliki atau memakai jasa tersebut. Kata reklame berasal dari bahasa Latin, yaitu re dan clamare. Re berarti berulang-ulang, sedangkan Clamare berarti berteriak atau ajakan. Jadi, menurut bahasa, reklame artinya berteriak atau mengajak berulang-ulang.

Baca Juga :  Perkembangbiakan Vegetatif Alami dan Vegetatif Buatan

Ciri-ciri reklame yang baik, yaitu sebagai berikut:

  1. Memberikan informasi yang jelas dan nyata kepada masyarakat yang membacanya
  2. Tidak berlebihan dalam menyusun kalimat promosi
  3. Memberikan seni atau hiasan di sekitar tulisan agar lebih menarik

Jenis Reklame Menurut Sifat dan Tujuannya

Reklame menurut sifat dan tujuannya dapat dikelompokkan menjadi beberapa seperti berikut :

1. Reklame Komersial

Reklame komersial adalah reklame yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan materi sebanyak banyaknya dari yang mereka reklamekan. Contohnya, iklan sabun mandi, sabun cuci, pasta gigi, roti, baju, jaket, sampo, perlengkapan kecantikan dan lain sebagainya.

2. Reklame Nonkomersial

Reklame non komersial atau reklame idiil adalah reklame yang mempunyai tujuan tidak untuk mendapat keuntungan materi, tetapi biasanya berupa ajakan, imbauan, saran, peringatan, dan informasi-informasi dari pemerintah atau lembaga-lembaga lain untuk menyampaikan program-programnya kepada masyarakat. Contohnya poster  ajakan untuk 3M (menguras, mencuci, menimbun), mengajak untuk belajar wajib 9 tahun, menganjurkan kebersihan, memperingatkan masyarakat agar hati-hati terhadap flu burung, dan sebagainya.
Menurut media yang digunakan, reklame dapat dikelompokkan sebagai berikut :

1. Reklame Audio

Reklame Audio adalah reklame yang menyampaikannya dilakukan dengan menggunakan media suara (audio). Reklame jenis ini biasanya disampaikan lewat radio atau pengeras yang dibawa keliling dari daerah satu ke daerah yang lain.

2. Reklame Visual

Reklame Visual adalah reklame yang penyampaiannya dilakukan dengan menggunakan media gambar atau tulisan (visual). Contoh reklame jenis ini adalah poster, selebaran, pamflet, buklet, leaflet, mobile, etalase, spanduk, baliho, billboard, bookjacket, embalasi, etiket, dan iklan.

3. Reklame Audiovisual

Reklame Audio visual adalah reklame yang penyampaiannya dilakukan dengan menggunakan media suara dan gambar atau tulisan (audiovisual). Contoh reklame jenis ini adalah reklame pada televisi, bioskop, dan slide.
Demikian Jenis Reklame Menurut Sifat dan Tujuannya yang dapat kami sampaikan sebagai bahan ajar kelas 6 SD (sekolah dasar). Dengan adanya bahan ajar ini dapat membantu bapak ibu dalam saat pembelajaran dikleas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *