Jepang Menyerah Kepada Sekutu

Purwomp.Com – Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan bahan ajar kelas 3 SD Tema 2 Kurikulum 2013/K13 yang berjudul Jepang Menyerah kepada Sekutu. Pelajaran sejarah seperti ini begitu penting bagi anak didik kita di sekolah agar mereka tahu sejarah yang lalu atau kejadian yang telah lalu.

Bahan ajar yang kami sampaikan ini disadur dari buku siswa kelas 3 SD semester 1 (Ganjil) Tema 2 Kurikulum 2013/K13. Oke, langsung saja berikut bahan ajar Jepang Menyerah Kepada Sekutu :

Jepang Menyerah Kepada Sekutu

Pada tanggal 9 Agustus 1945, tiga tokoh pemimpin Indonesia berangkat ke kota Dalat, Vietnam. Mereka adalah Ir. Soekarno, Drs. Moh. Hatta, dan dr. Radjiman Wediodiningrat. Ketiga tokoh tersebut bertemu dengan Marsekal Terauchi. Mereka bertemu pada tanggal 11 Agustus 1945 dan membicarakan tentang rencana kemerdekaan Indonesia.

Baca Juga :  Cara Berkembang Biak Hewan Dan Contohnya

Marsekal Terauchi menyampaikan bahwa pemerintah Jepang setuju untuk memberi kemerdekaan kepada Indonesia. Ir. Soekarno ditunjuk sebagai ketua panitia persiapan dan Drs. Moh. Hatta di tunjuk sebagai wakilnya.

Pada tanggal 15 Agustus 1945, ketiga tokoh tersebut kembali ke indonesia. Pada saat yang sama, Kaisar Hirohito memerintahkan kepada semua pasukan Jepang untuk menghentikan perang dan mengakui kekalahan. Jepang menyerah tanpa syarat pada Sekutu pada tanggal 15 Agustus 1945.

Faktor faktor yang menyebabkan Jepang menyerah kepada Sekutu diuraikan sebagai berikut :

  1. Pada tanggal 6 Agustus 1945, Kota Hiroshima dijatuhi bom atom oleh Sekutu. Bom ini menewaskan ribuan orang.
  2. Pada tanggal 9 Agustus 1945, Kota Nagasaki juga dijatuhi Bom Atom oleh Sekutu.
Demikian bahan ajar Jepang Menyerah Kepada Sekutu yang dapat kami sampaikan. Semoga dapat menjadikan manfaat bagi semua antara siswa dan guru saat mencari bahan ajar seperti ini.
Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *