Perkembangbiakan Generatif Pada Tumbuhan

Purwomp.Com – Pembelajaran yang akan kami bagikan ini merupakan pelajaran kelas 6 SD Tema 1 Selamatkan Makhluk Hidup Sub tema 1 Tumbuhan Sahabatku Pembelajaran 1 Kurikulum 2013/K13 dengan judul Perkembangbiakkan Generatif pada Tumbuhan.

Salah satu makhluk hidup yaitu tumbuhan memiliki peran penting bagi manusia, hewan dan lingkungan disekitar. Selain sebagai bahan pangan tumbuhan juga berperan sebagai penyeimbang lingkungan. Agar semua itu seimbang maka kita perlu melestarikan tumbuhan agar tetap terjaga.

Perkembangbiakan generatif pada tumbuhan adalah terjadinya tumbuhan baru yang di dahului dengan penyerbukan. Penyerbukan merupakan peristiwa jatuhnya serbuk sari yang mengandung sel kelamin jantan ke kepala putik yang mengandung sel kelamin betina.

Alat-alat perkembangbiakkan generatif tumbuhan terdapat pada bunga. Bentuk dan susunan bunga setiap tumbuhan berbeda-beda. Akan tetapi, secara umum bagian bagian bunga yang lengkap dapat kamu lihat pada gambar berikut dibawah :

Alat perkembangbiakan tumbuhan adalah benang sari dan putik. Benang sari merupakan alat kelamin jantan dan putik merupakan alat kelamin betina.

Baca Juga :  Teknik atau Metode dan Tujuan dari Pidato

Benang sari terdiri dari tangkai sari dan kepala sari. Pada kepala sari yang cukup tua, terdapat kotak sari yang berisi serbuk sari. Di dalam setiap serbuk sari terdapat sel kelamin jantan atau spermatozoid.

Putik terdiri atas kepala putik, tangkai putik, dan bakal buah. Di dalam bakal buah terdapat satu atau lebih bakal biji. Di dalam setiap bakal biji terdapat kantung lembaga yang mengandung beberapa inti. Salah satu inti itu merupakan sel kelamin betina atau sel telur (ovum).

Perkembangbiakkan generatif pada tumbuhan diawali dengan penyerbukan, yaitu melekatnya atau jatuhnya serbuk sari ke kepala putik. Setelah terjadinya penyerbukan, pada serbuk sari tumbuh buluh serbuk sari yang menuju ruang bakal biji. Kemudian, sel kelamin jantan atau spermatozoid masuk ke ruang bakal biji melalui buluh serbuk sari. Di dalam ruang bakal biji terjadi pembuahan, yaitu peleburan sel kelamin jantan atau spermatozoid dengan sel kelamin betina atau sel telur (Ovum).

Baca Juga :  Perkembangbiakan Vegetatif Alami dan Vegetatif Buatan

Hasil dari pembuahan disebut dengan zigot. Zigot berkembang menjadi lembaga, bakal biji berkembang menjadi biji dan bakal buah berkembang menjadi daging buah. Lembaga yang berada di dalam biji merupakan calon tumbuhan baru. Tumbuhan akan tumbuh jika biji tersebut ditanam atau berada pada lingkungan yang cocok.

Perkembangbiakan Generatif Pada Tumbuhan

Perkembangbiakan generatif pada tumbuhan didahului dengan peristiwa penyerbukan. Berdasarkan asal serbuk sari, penyerbukan dibedakan menjadi empat macam, yaitu :

  1. Penyerbukan sendiri, yaitu serbuk sari jatuh ke kepala putik bunga itu sendiri
  2. Penyerbukan tetangga, yaitu serbuk sari jatuh ke kepala putik bunga lain tetapi kedua bunga itu masih satu pohon
  3. Penyerbukan silang, yaitu serbuk sari jatuh ke kepala putik bunga lain yang berbeda pohon tetapi masih satu jenis
  4. Penyerbukan bastar, yaitu serbuk sari jatuh ke kepala putik bunga lain yang berbeda pohon dan tidak sejenis tetapi masih satu famili. Contoh penyerbukan antara cabai rawit dan cabai merah
Ciri ciri perkembangbiakkan generatif pada tumbuhan yaitu sebagai berikut :
  1. Menghasilkan individu baru
  2. Adanya peleburan sel kelamin (serbuk sari dan putik)
  3. Tumbuhan memiliki bunga
  4. Calon individu baru berupa biji
Demikian bahan ajar kelas 6 tema 1 subtema 1 pembelajaran 1 tentang Perkembangbiakan Generatif Pada Tumbuhan yang bisa kami sampaikan. Semoga dapat bermanfaat serta dapat dijadikan bahan mengajar oleh bapak dan ibu guru khusus kelas 6 SD.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *