Cara Cepat Burung Prenjak Makan Voer

Cara Cepat Burung Prenjak Makan Voer, Selamat datang diblog sederhana ini para sobat kicau mania. Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan tips agar burung prenjak kepala merah ombyokan cepat makan voer.


Burung prenjak yang memiliki fisik kecil mungil ini merupakan burung yang punya kicauan merdu dan keras. Burung ini juga hewan yang memiliki teritorial atau wilayah tertentu, maksudnya jika ada burung yang sejenis masuk ke wilayahnya maka mereka akan mengusirnya dari wilayah tersebut dengan mengeluarkan suara lantang.

Selain itu burung prenjak ini memiliki ciri khusus yakni pada kepalanya. Kepala burung prenjak berwarna merah cerah yang jantan sedangkan betina warna merahnya agak pudar.

Di habitat aslinya burung ini memakan serangga kecil seperti ulat, laba-laba, kroto, belalang kecil, dan hewan kecil lainnya. Hewan ini juga sangat agresif serta lincah, dalam hidupnya burung prenjak selalu gerak kesana kemari untuk mencari makan.

Burung satu ini sangat rawan jika dipelihara manusia, setelah ditangkap dari alam liar terkadang dalam sehari sudah mati. Berbeda bagi yang sudah terbiasa pelihara burung ini akan sangat mudah dalam memeliharanya.

Baca Juga :  Pakan Lolohan Burung Kutilang Agar Gemuk dan Cepat Besar

Bagi kalian yang masih pemula ingin memelihara burung prenjak kepala merah ini, perhatikan tips yang akan kami berikan ini agar dalam memelihara tetap hidup sampai burung prenjak gacor.

Jika memelihara burung prenjak agar tetap hidup maka burung tersebut harus dilatih makan voer. Kenapa kok harus makan voer? karena kalau kita berikan ulat terus suatu hari kita bepergian yang lama maka burung akan kelaparan dan akibatnya akan mati.

Burung prenjak dalam kandang/sangkar diberikan ulat kandang yang banyak dalam sehari juga akan habis. Akan tetapi jika sudah makan voer maka burung tersebut akan sedikit dalam makan ulat dan akan aman dalam jangka panjang.

Bagaimana cara cepat agar burung prenjak ombyokan cepat makan voer?

Berikut langkah-langkah atau tipsnya bagi yang ingin mengetahuinya.

Cara Cepat Burung Prenjak Makan Voer

1. Perhatikan kesehatan burung prenjak

Sebelum kita melangkah untuk cepat-cepat burung prenjak yang kita beli makan voer, coba perhatikan terlebih dahulu, apakah burung yang kita beli masih gemuk atau sudah kurus/nyilet.

Jika burung sudah kurus atau nyilet maka seminggu itu berikan full pakan ulat kandang dan berikan ulat hongkong pagi hari 2 ekor dan sore hari 2 ekor ulat, kalau ada berikan kroto.

Baca Juga :  Tulang Sotong Bisa Digantikan Dengan Ini

Setelah satu minggu diberi pakan full hewani, dan pegang burung prenjak apakah sudah gemuk atau masih kurus.

2. Siapkan voer

Langkah selanjutnya adalah siapkan voer yang akan kita pakai agar prenjak cepat makan voer. Voer yang kita pakai adalah voer yang lembut, cari voer tersebut yang dimaksud pada toko pakan burung pasti ada.

3. Siapkan ulat kandang

Kenapa kok pakai ulat hongkong dan tidak kroto? keduanya juga bisa dipakai, namun disini saya akan mempraktekkan memakai ulat kandang yang mudah untuk didapatkan. Karena kroto sulit dicari kadang ada kadang tidak ada.

4. Siapkan gunting

Gunting dipakai untuk memotong-motong ulat menjadi kecil-kecil nantinya.

Jika semuanya sudah dipersiapkan maka selanjutnya adalah masukkan sedikit voer lembut tadi kedalam wadah kemudian berikan ulat kandang agak banyak atau setengah dari ukuran voer.

Lalu gunting kecil-kecil ulat kandang tadi dengan memakai gunting dan aduk rata dengan voernya kemudian beri sedikit ulat kandang yang masih hidup 1 atau 2 ekor agar prenjak tahu jika pada wadah ada ulatnya.

Baca Juga :  Cara Bedakan Burung Parkit Jantan dan Betina Bagi Pemula

Berikan campuran voer dan ulat tadi ke prenjak ombyokan yang baru kita beli, perhatikan dalam sehari tersebut jika burung pj mengembangkan bulunya sambil mengeluarkan suara seperti starter mobil berarti burung prenjak kelaparan, maka berikan ulat yang hidup ke wadahnya.

Ulangi seperti di atas sampai burung prenjak mau makan voer, dengan ditandai kotoranya menggumpal padat.

Tips ini biasanya yang saya lakukan dalam sehari saja burung prenjak sudah mau makan voer.

Untuk lebih jelasnya kalian dapat menonton video berikut :

Semoga tips Cara Cepat Burung Prenjak Makan Voer yang kami berikan bermanfaat bagi kalian yang suka dengan kicauan burung prenjak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!