Cara Ternak Merpati Pos Yang Baik dan Benar

Cara Ternak Merpati Pos Yang Baik dan Benar – Saat ini memelihara merpati menjadi idola bagi penghobi burung yang satu ini. Pasalnya burung merpati mudah dalam pemeliharaan serta perawatan.

Cara Ternak Merpati Pos Yang Baik dan Benar

Saat ini banyak even yang diselenggarakan mulai dari lomba merpati pos, merpati atas (tinggian), merpati balap dll.

Kebanyakan orang dalam beternak burung merpati yang penting bisa jodoh dan bisa beranak, padahal hal seperti ini yang selalu dihindari bagi peternak yang sudah tahu teknik agar mendapat keturunan yang bagus dan berkualitas.

Dalam beternak merpati yang untuk lomba itu bukan asal asalan, semua itu butuh proses yang lama agar mendapatkan keturunan yang bagus.

Jika dalam beternak merpati pos asal-asalan yang penting mendapatkan keturunan dan cepat banyak maka akan menghasilkan kualitas yang jelek untuk dilombakan.

Baca Juga :  Settingan Tangkringan Yang Pas Burung Buat Lomba Agar Nagen

Walaupun kita dalam beternak merpati pos dengan indukan trah juara, jika belum tahu untuk mendapatkan kualitas yang bagus maka akan menghasilkan anakan yang tidak turun dari sang indukan juara.

Agar mendapatkan anakan yang bagus serta berkualitas maka akan kami bagikan bagaimana cara agar mendapat keturunan dari burung merpati pos yang bagus.

Cara Ternak Merpati Pos Yang Baik dan Benar Agar Mendapat Keturunan Yang Bagus

Metode Genetic Breeding

Metode yang dipakai ini merupakan metode untuk mendapatkan keturunan yang seragam serta sifat dari indukan juga didapatkan.

Akan tetapi metode ini membutuhkan waktu yang lama sekitar 3 sampai 5 tahun lamanya. Hal ini dikarenakan akan menciptakan induk betina yang berkualitas.

Baca Juga :  Cara Cepat Menjodohkan Murai Batu Dalam 1 Minggu TERBUKTI!!

Tujuan dari metode Genetic Breeding ini adalah mendapatkan sifat-sifat yang dimiliki oleh induknya agar mendapat keturunan yang berkualitas. Hal ini dapat kita pelajari dengan berbagai cara seperti di bawah ini:

1. Cross Breed

Cros Breed merupakan silangan dari merpati pos yang tidak memiliki hubungan darah sama sekali atau yang sudah silangan beberapa kali.

Hal ini akan menghasilkan keturunan yang bagus dan berkualitas yang diharapkan bagi banyak penghobi burung merpati pos ini.

2. Inbreed

Metode inbreed merupakan persilangan antara merpati pos yang memiliki hubungan darah, contohnya anak dari sama-sama induk A, anak dengan induk jantan, dan seterusnya. 

Hal ini biasanya dihindari oleh para peternak yang sudah tahu akan hal ini, karena rata-rata metode inbreed ini hasilnya keturunan yang cacat, tidak memiliki daya tahan yang baik, mudah terserang penyakit, dan tidak memiliki nafas yang panjang.

Baca Juga :  Download Aplikasi Kicau Kicau Burung Terlengkap

3. Line Breed

Metode line breed ini merupakan persilangan burung merpati pos yang masih memiliki hubungan darah tapi tidak terlalu jauh. Misalnya anak dengan kakek, keponakan, ataupun pamannya.

4. Crossbreed 2

Hasil dari anakan line breed dapat disilangkan dengan merpati yang lain yang tidak memiliki keturunan darah sama sekali. 

Nah, begitulah cara mendapatkan anakan dari merpati pos yang berkualitas bagus untuk dilombakan serta hindari yang sekiranya menghasilkan keturunan yang jelek. Kalau saya pribadi lebih baik melakukan croos breed karena hasil keturunan dari metode ini lebih bagus walau indukan dari trah pasar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *